Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Wow, Rusia Uji Rudal Hipersonik Kinzhal di MIG-31

Militer.or.id – Wow, Rusia Uji Rudal Hipersonik Kinzhal di MIG-31.

MIG-31 Rusia. (photo: Fedor Leukhin via commons.wikimedia.org)

Moskow – Militer.or.id, Sepuluh jet tempur MiG-31 (nama NATO: Foxhound) dilengkapi dengan Rudal Hipersonik Kinzhal (Dagger) -air-launched missiles- sedang dalam tugas uji coba pertempuran, ujar Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yuri Borisov dalam wawancara yang dipublikasikan pada Sabtu, 5 Mei 2018 di situs Zvezda TV channel, dirilis oleh TASS.

“Ini adalah senjata mutakhir, yaitu Rudal jarak jauh hipersonik yang mampu mengatasi pertahanan udara dan Rudal. Itu tak terkalahkan, memiliki kekuatan tempur dan potensi yang paten. MIG-31 adalah pesawat pembawanya sebagai jet yang paling cocok untuk mempercepat Rudal ini ke kecepatan yang diperlukan, “katanya.

“Untuk mendukung bahwa itu bukan sesuatu yang eksotis, (saya akan mengatakan) hari ini 10 jet telah melakukan tugas uji coba dan siap digunakan tergantung pada situasi,” kata Borisov. Proyek dari platform Rudal hipersonik Kinzhal diluncurkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada tanggal 1 Maret 2018.

Menurut presiden Rusia, Misil Kinzhal terbang lebih dari 10 kali kecepatan suara mampu melakukan manuver dan mengatasi sistem pertahanan pertahanan anti-balistik pertahanan udara yang ada dan di masa depan. Sejak 1 Desember 2017, sistem Rudal hipersonik Kinzhal telah menjalani tugas percobaan dan tempur.

Awalnya, MiG-31BM bertugas sebagai pesawat untuk membawa sistem Rudal hipersonik Kinzhal. Belakangan, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan bahwa MiG-31K telah dipilih sebagai pembawa Rudal hipersonik Kinzhal.

Borisov juga mengatakan bahwa sistem peresvet laser combat kemungkinan akan ditampilkan pada parade Hari Kemenangan di Moskow dalam rentang 2 atau 3 tahun, karena sekarang sedang ditingkatkan.

“Saya pikir itu mungkin dalam 2 atau 3 tahun, karena pekerjaan sedang dilakukan untuk meng-upgradenya. Jika hari ini dibutuhkan lebih banyak kendaraan pendukung, itu akan menjadi kompak dalam waktu dekat. Mungkin, kami akan menunjukkannya kepada publik juga, “Borisov mengatakan ketika ditanya apakah sistem laser akan ditampilkan selama parade Victory Day. (TASS).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *