Korea Utara Hancurkan Situs Nuklir Punggye-ri

Militer.or.id – Korea Utara Hancurkan Situs Nuklir Punggye-ri.

Situ uji coba nuklir Punggye-ri di Korea Utara © Yonhap via Digital Globe

Militer.or.id – Korea Utara telah menghancurkan satu-satunya situs pengujian nuklirnya yang diketahui dengan serangkaian ledakan selama beberapa jam pada hari Kamis, 24/5/2018, sebuah langkah awal menuju denuklirisasi, menurut Yonhap.

Korea Utara meledakkan Portal Utara, yang juga disebut sebagai Terowongan No 2, di Punggye-ri, daerah terpencil di sebelah timur laut, sekitar jam 11 ??pagi waktu setempat, menurut laporan singkat yang disampaikan melalui telepon.

HARUS BACA :  MAJLIS Serah Terima Kapal JCG Erimo PL 02 (KM Pekan) Kepada Maritim Malaysia Berjalan Lancar

Dua terowongan lainnya dihancurkan pada pukul 02:17 dan juga diikuti oleh ledakan barak-barak, menara pengamatan serta fasilitas lainnya yang ada disana.

HARUS BACA :  Parlemen AS Capai Kesepakatan Sanksi Baru Korea Utara

Ledakan itu berakhir pada pukul 16:17 kata para wartawan tanpa memberi klarifikasi apakah Terowongan No. 1, atau Portal Timur, telah diledakkan juga. Di antara empat terowongan di zona itu, Portal Timur jelas ditinggalkan lebih awal, menurut informasi 38 North, situs web yang berbasis di AS.

HARUS BACA :  Studi LPH Kelas Dokdo Korea Selatan Untuk Bawa F-35B

Kepulan Asap Segera Menyelimuti Gunung

Para wartawan dan awak televisi dari Amerika Serikat, China, Rusia dan Inggris juga disebutkan menyaksikan upacara penutupan situs uji coba nuklir Korea Utara tersebut.

Mereka memfilmkannya, tapi rekaman diharapkan akan tersedia hanya setelah mereka kembali ke Wonsan, kota pesisir timur Korea Utara, mungkin pada Jumat pagi.

Pemerintah Korea Selatan menyambut langkah Korea Utara tersebut, mengungkapkan harapan untuk kemajuan lebih lanjut dalam upaya Korea Utara yang bebas nuklir.

“(Kami) mengharapkan penutupan situs tersebut untuk melayani sebagai kesempatan bagi denuklirisasi lengkap”, kata Noh Kyu-duk, juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Selatan.

Media Korea Utara tetap diam tentang peristiwa itu dan tidak diketahui apakah pemimpin Korut, Kim Jong-un, telah mengunjungi situs itu untuk mengamati penutupan simbol program nuklir Korea Utara.

HARUS BACA :  Viper dan Super Hercules, Kuda Hitam untuk TNI AU

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here