Korea Utara Hancurkan Situs Nuklir Punggye-ri

Militer.or.id – Korea Utara Hancurkan Situs Nuklir Punggye-ri.

Situ uji coba nuklir Punggye-ri di Korea Utara © Yonhap via Digital Globe

Militer.or.id – Korea Utara telah menghancurkan satu-satunya situs pengujian nuklirnya yang diketahui dengan serangkaian ledakan selama beberapa jam pada hari Kamis, 24/5/2018, sebuah langkah awal menuju denuklirisasi, menurut Yonhap.

Korea Utara meledakkan Portal Utara, yang juga disebut sebagai Terowongan No 2, di Punggye-ri, daerah terpencil di sebelah timur laut, sekitar jam 11 ??pagi waktu setempat, menurut laporan singkat yang disampaikan melalui telepon.

HARUS BACA :  Bakamla RI Kunjungi Australian Border Force

Dua terowongan lainnya dihancurkan pada pukul 02:17 dan juga diikuti oleh ledakan barak-barak, menara pengamatan serta fasilitas lainnya yang ada disana.

Ledakan itu berakhir pada pukul 16:17 kata para wartawan tanpa memberi klarifikasi apakah Terowongan No. 1, atau Portal Timur, telah diledakkan juga. Di antara empat terowongan di zona itu, Portal Timur jelas ditinggalkan lebih awal, menurut informasi 38 North, situs web yang berbasis di AS.

HARUS BACA :  Iran Akan Pasang Point-Defense System di Kapal Perang
HARUS BACA :  85 Personel Tim Advance Konga Berangkat ke Kongo

Kepulan Asap Segera Menyelimuti Gunung

Para wartawan dan awak televisi dari Amerika Serikat, China, Rusia dan Inggris juga disebutkan menyaksikan upacara penutupan situs uji coba nuklir Korea Utara tersebut.

Mereka memfilmkannya, tapi rekaman diharapkan akan tersedia hanya setelah mereka kembali ke Wonsan, kota pesisir timur Korea Utara, mungkin pada Jumat pagi.

Pemerintah Korea Selatan menyambut langkah Korea Utara tersebut, mengungkapkan harapan untuk kemajuan lebih lanjut dalam upaya Korea Utara yang bebas nuklir.

“(Kami) mengharapkan penutupan situs tersebut untuk melayani sebagai kesempatan bagi denuklirisasi lengkap”, kata Noh Kyu-duk, juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Selatan.

Media Korea Utara tetap diam tentang peristiwa itu dan tidak diketahui apakah pemimpin Korut, Kim Jong-un, telah mengunjungi situs itu untuk mengamati penutupan simbol program nuklir Korea Utara.

HARUS BACA :  BKPM : Rusia Investasi Industri Perawatan Sukhoi

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Indonesia Orders Terma SCANTER 6000 Radars for Five Patrol Vessels