Masa Depan F-35 Italia Masih Misteri di Bawah Pemerintah Baru

Masa Depan F-35 Italia Masih Misteri di Bawah Pemerintah Baru

Militer.or.id – Masa Depan F-35 Italia Masih Misteri di Bawah Pemerintah Baru.

Jet tempur F-35B Angkatan Laut Italia. © Italian Navy

Militer.or.id – Dua partai terkenal diambang pembentukan pemerintah populis pertama Italia yang mengklaim dukungan kuat untuk industri pertahanan negara itu, menandai perubahan taktik setelah memberi kritik sebelumnya terhadap sektor ini.

Partai anti-kemapanan, “Five Star Movement” memenangkan suara melawan politik yang korup, telah bekerja sama dengan partai anti-migran “Leage” untuk membentuk pemerintahan yang mungkin dilantik minggu depan, seperti dilansir dari Defense News.

Kedua partai, yang membentuk koalisi setelah “pemilu yang tidak menentu” pada bulan Maret meninggalkan Italia dengan parlemen yang menggantung, kini sedang menyusun daftar menteri.

Partai Five Star secara tradisional menentang investasi dalam industri pertahanan dan anggota terpilih dari partai tahun lalu berjanji untuk menarik Italia keluar dari program F-35 jika mereka berkuasa.

Daftar kebijakan yang disusun oleh Five Star dan Leage serta di umumkan minggu lalu malah menyatakan komitmen untuk industri, meskipun dengan fokus yang jelas pada teknologi penggunaan ganda.

“Perlindungan industri pertahanan Italia sangat penting, terutama mengenai pembiayaan penelitian dan penerapan pengetahuan di bidang-bidang militer yang tidak secara eksklusif”, kata program tersebut.

Progam F-35 tidak disebutkan, dan salah satu sumber politik senior mengatakan bahwa kelalaiannya tidak berarti satu hal atau lainnya.

“Itu artinya kami tidak tahu apa yang akan mereka lakukan”, kata sumber.

Seorang analis mengatakan bahwa sampai keseimbangan dalam koalisi di antara kedua pihak lebih dikenal, dan sampai Menteri Pertahanan yang baru diangkat, sulit untuk mengatakan apa yang akan dilakukan pemerintah Italia berikutnya tentang F-35 dan pembelanjaan pertahanan pada umumnya.

“Ini situasi yang membingungkan, karena ini adalah pemerintahan yang lahir dari koalisi yang belum pernah kita lihat sebelumnya”, kata Andrea Margelletti, presiden think tank CESI di Roma

“Kita harus melihat perjanjian apa yang akan dibuat dalam koalisi,” tambahnya.

Margelletti setuju untuk segera menebak kedua koalisi pada rencananya F-35, tetapi mengatakan, “Ini adalah pesawat yang strategis. Satu hal yang dikatakannya dalam pertentangan, hal lainnya dengan tanggung jawab pemerintah”.

Sumber politik itu mengungkap partai Five Star telah memblokir langkah-langkah oleh partai Leage guna memasukkan dalam program bersama mereka tentang rencana untuk meningkatkan belanja pertahanan Italia menjadi dua persen dari PDB yang dibutuhkan oleh NATO.

“Partai Leage mengusulkannya, namun partai Five Star memblokirnya”, katanya.

Program ini juga membahas tentang kesediaan Italia untuk berpartisipasi dalam misi militer internasional.

“Akan sangat menguntungkan untuk mengevaluasi kembali kehadiran kami dalam misi internasional dari sudut pandang relevansi efektifitas mereka dengan kepentingan nasional”, kata program tersebut.

Koalisi kemungkinan akan mengumumkan kabinet menteri pada akhir pekan dan media Italia telah menyarankan jabatan Menteri Pertahanan kepada Elisabetta Trenta, yang dinamai oleh partai Five Star atau Bintang Lima sebagai kandidat pilihannya sebelum pemilihan.

Trenta adalah akademisi pertahanan dibidang intelijen dan keamanan dari Universitas Link di Roma. Calon lain untuk jabatan itu adalah Guido Crosetto, mantan Menteri Pertahanan Junior pemerintah Italia yang kemudian menjadi kepala asosiasi industri pertahanan Italia, AIAD.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *