Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Filipina Perbaiki Landasan Pesawat di Kepulauan Spratly

Militer.or.id – Filipina Perbaiki Landasan Pesawat di Kepulauan Spratly.

Asia Maritime Transparency Initiative merilis citra satelit yang menunjukkan upaya Filipina memperbaiki bagian barat landasannya di Pulau Thitu di Kepulauan Spratly. (photo: amti.csis.org)

Militer.or.id – Filipina telah memulai perbaikan yang lama tertunda untuk landasan pacu di Thitu, atau Pag-asa, Island, yang terbesar dari sembilan pos terdepan di Kepulauan Spratly dan rumah bagi lebih dari 100 warga sipil dan sebuah garnisun militer kecil, dirilis Asia Maritime Transparency Initiative, amti.csis.org, 25/5/2018.

Thitu terletak lebih dari 12 mil laut dari pangkalan udara dan laut China di Subi Reef, dan merupakan lokasi yang menghdirkan ketegangan dengan armada Cina pada Agustus lalu. Para pejabat pertahanan Filipina pada bulan April 2017 mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan fasilitas di pulau-pulau dan terumbu karang yang diduduki negara, tetapi sedikit pekerjaan yang terlihat sampai sekarang. Selain perbaikan runway, perbandingan citra terbaru dengan foto dari Februari 2017 menunjukkan peningkatan kecil untuk fasilitas di Thitu dan tiga pos terdepan lainnya di tahun lalu.

Citra satelit dari 17 Mei menunjukkan dua tongkang berlabuh di tepi barat landasan Pulau Thitu, yang runtuh ke laut beberapa tahun lalu. Tampaknya kapal keruk ambil, yang terdiri dari crane dengan ember clamshell, dipasang di tongkang yang lebih kecil ke barat, sementara yang lain membawa backhoe. Endapan longgar dari pengerukan dapat dilihat di air di sekitar dua tongkang dan pasir yang baru dideposit terlihat di sepanjang tepi utara landasan.

Metode pengerukan ini mirip dengan yang digunakan oleh Vietnam di beberapa pos terdepan dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun masih berbahaya bagi lingkungan laut, ia mempengaruhi terumbu sekitar pada skala yang lebih kecil dan jauh kurang merusak lingkungan daripada pengerukan suction cutter yang dilakukan oleh China, yang menghancurkan ribuan hektar terumbu dari akhir 2013 hingga awal 2017.

Terumbu karang di sekitar Thitu membuat kapal-kapal besar tidak mungkin mendekat, sebagaimana dibuktikan oleh hingar-bingar dari BRP Lanao del Norte, yang kandas di tepi barat laut dari karang pada tahun 2004 dan masih ada. Ketika perbaikan landasan pacu Thitu sebelumnya diusulkan pada tahun 2014, para pejabat mengatakan bahwa saluran perlu dikeruk untuk memungkinkan kapal-kapal yang lebih besar untuk mengirimkan peralatan berat dan material konstruksi ke pulau tersebut. Sangat mungkin bahwa pengerukan saluran tersebut masih merupakan bagian dari rencana kali ini.

Dua tongkang terlihat berlabuh di pulau itu mulai 17 Mei dan pasir yang baru didepositkan dapat dilihat di bagian barat laut landasan udara, yang runtuh ke laut beberapa tahun lalu. (photo: amti.csis.org)

Landasan udara di Pulau Thitu awalnya dibangun pada 1970-an dan merupakan landasan pacu pertama di Kepulauan Spratly. Secara resmi panjangnya 1.300 meter, tetapi angka sebenarnya lebih dekat ke 1.200 karena runtuhnya ujung barat. Itu, seiring dengan buruknya kondisi permukaan landasan pacu, membuat pendaratan dan lepas landas menjadi sulit bagi C-130 Filipina seperti yang dilakukan Jenderal Gregorio Catapang Jr., yang saat itu menjadi Panglima Angkatan Bersenjata Filipina, ke pulau itu pada Mei 2015.

Selain mulai bekerja di landasan, upgrade lain terlihat di sekitar Thitu. Setidaknya tujuh bangunan baru telah dibangun pada tahun lalu, dengan empat di dekat daerah permukiman di sisi timur pulau itu, satu di dekat fasilitas administrasi di pusatnya, yang lain di sepanjang pantai utara, dan satu di ujung barat di sebelah lapangan basket pulau itu, yang telah menerima lapisan cat baru. Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana mengatakan pada November bahwa negara itu telah mulai membangun jalan pantai baru untuk lebih mudah membawa pasokan, tetapi situs itu tidak dapat dilihat dalam citra 17 Mei karena tutupan awan dan tidak ada jalan baru yang terlihat baru-baru ini pada Februari.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *