Cegah Tindak Korupsi, KPK Datangi Bakamla

Militer.or.id – Cegah Tindak Korupsi, KPK Datangi Bakamla.

Kedatangan KPK ke Bakamla dalam rangka sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi adalah merupakan salah satu upaya Bakamla bersama KPK untuk menghasilkan ASN yang berintegritas dalam lingkungan Bakamla.

Jakarta Pusat, Militer.or.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Kantor Bakamla Pusat dalam rangka melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Lingkungan Bakamla, pada Senin 28 Mei 2018 di Aula Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat.

HARUS BACA :  Latihan Tempur Yonif Para Raider 502 Kostrad

Kegiatan sosialisasi yang dipandu oleh Inspektur Bakamla Brigjen Pol Drs. Sarono, M.H. ini menghadirkan 3 nara sumber yaitu Drs. Subarkah, M.M. dari Bidang Konsultasi Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK), Sekretaris Umum GMPK Erif Hilmi, S.H., dan Kabid Penindakan Anti Korupsi Nanang Mubarok, S.H.I., M.M.

Sesuai pasal 12 UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, bahwa peran pegawai ASN adalah sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang professional, bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

HARUS BACA :  Russian Helicopters Buka Skema Transfer Teknologi

Oleh sebab itu kedatangan KPK dalam rangka sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi ini merupakan salah satu upaya Bakamla bersama KPK untuk menghasilkan ASN yang berintegritas dalam lingkungan Bakamla.

Berbagai pemahaman baru tentang korupsi diperoleh dari penjelasan yang diberikan oleh nara sumber, mulai dari latar belakang, fenomena gunung es korupsi yang meliputi berbagai aspek yaitu aspek lokasi, aspek manusia, aspek barang, aspek kegiatan, hingga aspek kebijakan, serta serta upaya pencegahannya melalui pemahaman hukum agama dan moral.

HARUS BACA :  Korea Selatan Kembangkan Torpedo Superkavitasi

Dalam pertemuan ini dijelaskan pula tentang pengertian gratifikasi, yang merupakan salah satu bentuk korupsi, beserta pemahaman tentang ketentuan hukum bagi pemberi, perlindungan hokum bagi pelapor, serta cara-cara untuk menolak gratifikasi.

Sosialisasi ini pada dasarnya merupakan pembekalan bagi para Calon PNS Bakamla 2018, namun dalam pelaksanaannya dihadiri pula oleh pejabat dari berbagai eselon dan staf yang telah mengabdi sebagai PNS beberapa tahun lamanya. Melalui sosialisasi ini, diharapkan seluruh pegawai di lingkungan Bakamla mendapatkan bekal yang cukup untuk bersama KPK menghindari dan memerangi korupsi.

(Humas Bakamla)

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here