KRI Koarmada I Latihan dengan Destroyer Jepang

Militer.or.id – KRI Koarmada I Latihan dengan Destroyer Jepang.

dok. Destroyer Jepang JS Makinami. (Michael R. McCormick, U.S. Navy via commons.wikimedia.org)

Direncanakan medio September – Oktober 2018, JMSDF akan mengirimkan kapal perang ke Indonesia dalam rangka misi persahabatan.

Jakarta, Militer.or.id – Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E, M.M., yang diwakili Kaskoarmada I Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, S.E, M.M., menerima kunjungan kehormatan Commander Japan Training Squadron MSDF Rear Admiral Hiroyuki Izumi di Mako Koarmada I, Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018, dirilis Dispen Koarmada I.

Kaskoarmada menjelaskan secara singkat tugas pokok Koarmada I dalam melaksanakan pengamanan yuridiksi perairan wilayah Barat Indonesia.

HARUS BACA :  Denpom Ternate Tertibkan Penggunaan Atribut TNI

Dalam melaksanakan penegakkan hukum dan kedaulatan di laut, Koarmada I mengerahkan unsur-unsurnya berupa Kapal Perang (KRI), Pesawat udara dan kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) dengan dukungan Pangkalan-pangkalan TNI AL yang tersebar di wilayah Barat.

Selain itu dibentuknya satuan reaksi cepat dalam penanganan tindak pidana di laut yaitu WFQR. Dimana dalam melaksanakan tugasnya, WFQR merupakan kombinasi kerjasama taktis antara operasi dan intelijen.

HARUS BACA :  Pushidrosal Training Penggunaan GNSS Untuk Koreksi Pasang Surut

Rear Admiral Hiroyuki menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI AL atas bantuan dan dukungannya dalam memfasilitasi perizinan kunjungan kehormatan tersebut.

dok. Kapal Jepang JS Kashima (TV-3508). (Port of Virginia via commons.wikimedia.org)

Rear Admiral Hiroyuki menyampaikan secara singkat kegiatan yang dilaksanakan oleh Japan Training Squadron, dimana terdiri dari dua kapal yaitu JS Kashima TV 3508 dan Destroyer JS Makinami DD 112 berangkat dari pangkalan Yokosuka Jepang 21 Mei 2018 yang berlayar selama 13 hari.

HARUS BACA :  Aksi Prajurit Marinir di Gladi Demo Tempur Matra Laut

Jakarta merupakan pelabuhan yang pertama kali mereka singgahi. Direncanakan mereka akan melanjutkan misi pelayaran ke kawasan Timur Tengah (UEA), kawasan Eropa dan USA. Dianjutkan ke Hawai dan Meksiko. Total pelayaran selama 50 hari dengan membawa 200 Perwira muda dalam rangka pelatihan.

Harapan dari tujuan kegiatan kunjungan ini adalah terselenggaranya latihan bersama dimana latihan-latihan yang dilaksanakan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan kedua AL.

Kaskoarmada I terima kunjungan kehormatan Commander Japan Training Squadron MSDF, Rear Admiral Hiroyuki Izumi, Jakarta, 6-6-2018.

Direncanakan medio September – Oktober 2018, JMSDF akan mengirimkan kapal perang ke Indonesia dalam rangka misi persahabatan. Harapannya dapat melaksanakan latihan bersama. Hal ini penting karena untuk membangun rasa saling percaya agar bisa memberikan kontribusi positif bagi kemajuan kedua AL.

HARUS BACA :  Penempatan Perwira Baru dan Penambahan Alutsista TNI AU
HARUS BACA :  TNI Buru Pelaku Pembantaian Pekerja Trans-Papua di Nduga (Photo)

Kunjungan Japan Training Squadron ini akan diakhiri dengan kegiatan latihan bersama Passing Exercise (Passex) di Perairan Laut Jawa, dimana Koarmada I telah menyiapkan 1 unsur KRI Teuku Umar-385.

Dalam kegiatan ini Kaskoarmada I didampingi Asrena Pangkoarmada I, Asops Pangkoarmada I, Aslog Pangkoarmada I, Aspers Pangkoarmada I, Aspotmar Pangkoarmada I, Komandan Kolat Koarmada I, Komandan Satfibarmada I dan Pakoorsmin, sedangkan Commander Japan Training Squadron MSDF didampingi Athal Jepang untuk Indonesia serta Komandan JS Kashima TV 3508 dan Komandan JS Makinami DD 112.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here