Angkatan Udara Israel Kini Memiliki 12 Unit F-35

Militer.or.id – Angkatan Udara Israel Kini Memiliki 12 Unit F-35.

F-35 Israel. (U.S. Embassy Tel Aviv via commons.wikimedia.org)

Militer.or.id – Angkatan Bersenjata Israel menerima kiriman terbaru dari pesawat tempur generasi kelima F-35 pada hari Minggu, sehingga total inventarisnya dari pejuang siluman berjumlah belasan, seperti dilansir dari laman Sputnik.

Menurut laporan media Jerusalem Post, Lockheed Martin telah mengirimkan tiga unit jet tempur siluman F-35i “Adir” alias “yang perkasa” kepada Angkatan Udara Israel.

Angkatan Udara Israel atau IAF telah mengkonfirmasi bahwa akan membeli setidaknya 50 unit jet tempur siluman F-35 dari Lockheed Martin, tetapi tidak jelas apakah Israel akan membeli lebih dari itu.

HARUS BACA :  Spanyol, Airbus, Thales Bahas Pembelian Satelit Militer

Dalam bagiannya, cabang-cabang militer AS telah berkomitmen untuk membeli sebanyak ribuan unit F-35 berbagai varian, sebuah angka yang kemungkinan besar tidak mungkin tercapai karena pembengkakan biaya pesawat dan telah mundur dari jadwal.

HARUS BACA :  Pengecekan Persiapan PPRC, Yonif Para Raider 431

Bahkan, analisis internal Pentagon di bulan Maret menyimpulkan bahwa selain Angkatan Udara AS dapat menemukan cara untuk mengurangi operasional F-35 dan termasuk biaya perawatan sebesar 38 persen selama dekade berikutnya, maka layanan itu hanya akan dapat memperoleh sekitar dua pertiga dari total 1.763 pesawat yang dibutuhkan.

HARUS BACA :  Prajurit Armada Utara Rusia Operasikan Tank Jet T-80BVM

Selain 50 unit F-35i yang telah di alokasikan oleh Israel, anggota parlemen Israel telah menarik rem pada pembelian masa depan dari 25 hingga 50 jet lagi yang diusulkan oleh Angkatan Udara Israel.

Pada bulan September 2017, Komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Knesset merilis laporan yang menyerukan kepada IDF untuk melakukan “analisis alternatif” yang mungkin mengungkapkan opsi bagi IAF untuk tidak membeli lebih dari 50 unit F-35 Adir.

HARUS BACA :  Pesawat Tempur Hawk 100/200 Latihan Maverick di Lanud Soewondo
HARUS BACA :  Panser Anoa 2 Amfibi Beraksi di Laut Cilegon

“Dengan semua keterbatasan yang ada, kita tidak dapat mengabaikan kebutuhan untuk secara teliti menilai wajah masa depan, terutama yang berkaitan dengan platform tempur udara, yang sangat mahal, kritis dan teknologi yang berubah dengan cepat”, menurut anggota parlemen Israel dalam laporan 27 September silam.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Usai Bertengkar di Twitter, Trump Batalkan Bantuan Rp24 Triliun ke Pakistan

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here