SLBM Bulava Telah Masuk Layanan Operasional Militer Rusia

Militer.or.id – SLBM Bulava Telah Masuk Layanan Operasional Militer Rusia.

Rusia sukses luncurkan 4 Rudal Bulava secara Salvo dari SSBN Yuriy Dolgoruky © Russian MoD

Militer.or.id – Kompleks (sistem) rudal D-30 dengan rudal balistik antar-benua R-30 “Bulava”, berdasarkan keberhasilan pengujian pada tahun 2018 telah diadopsi oleh Angkatan Laut Rusia, seperti dilansir dari laman TASS.

“Program uji kendali penembakan yang dilaksanakan oleh Departemen Pertahanan Rusia telah berhasil diselesaikan, keandalan rudal Bulava telah menghapus semua hambatan untuk adopsi kedalam layanan. Keputusan telah diambil serta dokumen yang diperlukan telah ditandatangani”, menurut lembaga itu.

HARUS BACA :  Pembangunan Dermaga Satuan Kapal Patroli di Bungus Teluk Kabung

Militer.or.id tidak memiliki konfirmasi resmi tentang informasi dari TASS tersebut.

Rudal balistik antar-benua R-30 Bulava dikembangkan oleh Moscow Institute of Heat Engineering sejak pertengahan 1990-an. Desainer utama adalah Yuri Solomonov dan Alexander Sukhodolsky. Menurut media, roket berbahan bakar padat tiga tahap ini bisa membawa hingga enam hulu ledak individu.

SLBM Bulava dirancang untuk senjata kapal selam nuklir dari Kelas Borey (Proyek 955), dimana setiap kapal selam akan dilengkapi dengan 16 peluncur rudal.

HARUS BACA :  Kapal Perusak Jepang Sukses Luncurkan SM-3® Blok IB
HARUS BACA :  1620 Personel PPRC TNI, Bergerak ke Daerah Latihan

Sejak tahun 2005, sekitar 30 uji peluncuran rudal R-30 telah dlaksanakan, dan sekitar sepertiga dari mereka mengalami berbagai permasalahan teknis.

Pengujian terakhir berlangsung pada tanggal 22 Mei 2018 lalu dari kapal selam K-535 “Yuri Dolgoruky” yang menembakkan 4 rudal Bulava secara salvo. Operasi eksperimental roket telah dimulai sejak 2013, ketika kapal utama pembawa rudal Proyek 955 diterima di Angkatan Laut Rusia.

HARUS BACA :  Indonesia Ajak Singapura Kembangkan Ekonomi Digital di Batam

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.5k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Spanyol, Airbus, Thales Bahas Pembelian Satelit Militer

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Indonesia Ajak Singapura Kembangkan Ekonomi Digital di Batam