Tinjauan Desain Kritis KF-X Diharapkan Selesai September 2019

Tinjauan Desain Kritis KF-X Diharapkan Selesai September 2019

Militer.or.id – Tinjauan Desain Kritis KF-X Diharapkan Selesai September 2019.

Desain jet tempur masa depan hasil kerjasama Korea Selatan dengan Indonesia, KF-X/IF-X. © Aviation

Militer.or.id – Korea Selatan berencana untuk menyelesaikan proses desain untuk pesawat tempur KF-X pada bulan September 2019 dan menghasilkan prototipe pertama pada tahun 2021, seperti dilansir dari laman Yonhap News.

Jadwal ini didasarkan pada sejumlah kemajuan dalam program KF-X yang ditujukan untuk memproduksi sekitar 120 jet tempur canggih untuk menggantikan pesawat tempur F-4 dan F-5 milik Angkatan Udara Korea Selatan yang sudah tua. Disebut sebagai pesawat tempur generasi 4,5 dan akan dapat ditingkatkan menjadi pesawat siluman, jika diperlukan.

Program Administrasi Akuisisi Pertahanan (DAPA) Korea Selatan telah bermitra dengan Korea Aerospace Industries Co. (KAI), serta perusahaan dirgantara asal Indonesia yaitu PTDI (PT Dirgantara Indonesia) dalam proyek senilai US $ 7,8 miliar.

Awal pekan ini, DAPA sudah melakukan Tinjauan Desain Awal (TDA) dari pesawat jet yang direncanakan dan menyimpulkan bahwa pesawat itu telah memenuhi persyaratan militer. Ini sekarang telah diatur untuk maju ke dalam pekerjaan desain rinci.

“TDA telah selesai dengan sukses untuk memutuskan apakah akan melanjutkan ke Tinjauan Desain Kritis (TDK)”, kata Jung Kwang-sun, ketua Kelompok Program KF-X DAPA. “Kami berencana untuk menyelesaikan proses desain rinci tersebut pada September 2019 dan kemudian memulai produksi prototipe”.

KAI dan PTDI berencana untuk meluncurkan versi pertama dari KF-X / IF-X tersebut pada tahun 2021, sedangkan uji penerbangan perdananya akan dilaksanakan pada paruh kedua tahun berikutnya. KAI bermaksud untuk menyelesaikan pekerjaan pengembangan ini pada tahun 2026.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *