FC-31 Akhirnya Dipilih Oleh Angkatan Laut China?

FC-31 Akhirnya Dipilih Oleh Angkatan Laut China?

Militer.or.id – FC-31 Akhirnya Dipilih Oleh Angkatan Laut China?.

Jet tempur siluman Shenyang FC-31 buatan AVIC © East Pendulum

Militer.or.id – Sejak prototipe pertamanya melakukan penerbangan perdana bulan Oktober 2012, tidak ada kabar tentang akuisisi resmi untuk pesawat tempur Shenyang FC-31 tersebut. Namun, enam tahun telah berlalu tanpa kejelasan nasib dari program pesawat siluman Tiongkok kedua ini, seperti dilansir dari laman East Pendulum.

Di pasar domestik, militer China tampaknya tidak tertarik, setidaknya sampai sekarang, untuk pesawat pemburu siluman dikelas menengah ini (bobot lepas landas maksimum 28 ton menurut publikasi resmi terbaru dari AVIC.

Sebaliknya, militer Tiongkok lebih suka fokus pada integrasi sejumlah program jet tempur kelas berat seperti J-16 dan J-20 serta pesawat tempur bermesin tunggal seperti J-10C. Dan secara internasional, pesawat tempur VLO yang dirancang oleh Institute 601 Shenyang sayangnya tidak menemukan pelanggan yang tertarik hingga kini, meskipun banyak presentasi di pameran pertahanan yang berlangsung baik di China ataupun tempat lain di dunia.

Ini mungkin dapat dijelaskan oleh fakta bahwa mereka yang memiliki ambisi dan sarana untuk memiliki vektor generasi terakhir seperti Jepang, Korea Selatan dan India misalnya, umumnya mencari pemasok seperti Rusia atau Barat untuk alasan politik dan industri.

Prototipe jet tempur siluman Shenyang FC-31 buatan AVIC © East Pendulum

Dan bagi pelanggan lama China, yang sebagian besar adalah negara dunia ketiga, FC-31 termasuk mahal dan kompleks untuk dieksploitasi dalam jangka panjang, yakni sebuah “kemewahan” yang bagi pelnggannya tidak mampu dibeli atau dianggarkan.

Jadi masih ada negara-negara yang memiliki perairan, seperti Turki yang mencari otonomi politik dan industri tertentu, yang pada akhirnya bisa menerima pesawat China sebagai pondasi atau platform teknologi untuk mengembangkannya.

Jika masa depan FC-31, sepenuhnya di dedikasikan untuk ekspor, tampak membosankan ditanah kelahirannya sampai sekarang, hal-hal dapat segera berubah. Memang, berbagai sumber independen telah terkumpul sejak akhir tahun 2017 mengatakan bahwa “hal-hal bergerak” dan Angkatan Laut China berusaha membangun kekuatan darat dan udara di masa depan, akan menjadi mesin utama dari perubahan haluan ini.

Namun secara detail, versi Angkatan Laut China akan “dibuat” berbeda menurut sejumlah sumber. Ketika beberapa, terutama yang dekat dengan Institut 601 Shenyang (sebagai perancang FC-31) dan Pabrik 112 SAC (sebagai entitas produksi pesawat), mengklaim bahwa Angkatan Laut China akan secara resmi memilih jet tempur siluman FC-31 serta akan berwenang meluncurkan proyek pengembangan dibawah nama J-xx yang akan lebih dekat dengan jet tempur China lainnya.

Pengujian prototipe jet tempur siluman Shenyang FC-31 buatan AVIC © East Pendulum

Tak perlu dikatakan, masih sulit untuk melihat lebih jelas ke dalam elemen-elemen tidak resmi ini yang bertemu pada titik-titik tertentu tetapi berbeda menurut orang lain. Satu hal yang pasti, di sisi lain adalah bahwa keduanya menegaskan perlunya Angkatan Laut China memiliki pejuang VLO untuk memantau 32.000 garis pantai negara oleh penerbang Angkatan Lautnya, yang terus tumbuh dengan kedatangan kapal induk baru.

Menurut sumber lain yang berasal dari pabrikan mesin China, telah memberikan sisi cerita yang menarik. Menurut dia, rumor baru-baru ini tentang penugasan jet tempur FC-31 sebenarnya berasal dari dua entitas Shenyang dan ini menyusul kunjungan dari seorang pejabat senior Angkatan Laut China yang mengumumkan “dukungannya” untuk program setelah menghadiri penerbangan demonstrasi dari dua FC-31 pada akhir 2017. Dukungan verbal yang diartikan sebagai sinyal positif untuk peluncuran proyek.

Namun, pilihan untuk peluncuran proyek apa pun di Angkatan Laut China harus melewati tahap awal studi yang dilakukan oleh Chinese Navy Equipment Institute, struktur yang perannya mirip dengan DGA di Perancis, yang menulis laporan rinci untuk divalidasi oleh komite ahli CMC dan Korps militer yang bersangkutan sebelum proyek itu diluncurkan.

Mungkinkah FC-31 akhirnya diakuisi di bawah bendera militer Tiongkok, seperti apa yang dapat dilihat baru-baru ini dalam laporan TV di mana model FC-31 PLA Navy terlihat di belakang pejabat Angkatan Laut China yang diwawancarai? Atau akankah Chengdu J-20 akhirnya memonopoli pasar pesawat tempur VLO China selama tiga dekade berikutnya, yang sebagian sebagai versi Angkatan Laut?

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *