Koarmada II Bantu Evakuasi Korban Kapal Lestari Maju

Militer.or.id – Koarmada II Bantu Evakuasi Korban Kapal Lestari Maju.

 KAL Suluh Pari I.6-60 dan Sea Rider, serta 2 tim Marinir dari Lantamal VI bertolak DWA 16.39 dari Dermaga Mako Lantamal VI juga membantu melakukan pencarian korban meninggal dunia dari data terakhir berjumlah 29 orang dari 139 penumpang.

Surabaya, Militer.or.id – Kapal Motor Penumpang (KMP) Lestari Maju yang mengangkut 139 penumpang dan 48 unit kendaraan bermotor pada tanggal 03 Juli 2018 pukul 10.00 WITA, yang berangkat dari pelabuhan Bira Kab. Bulukumba dengan tujuan Pelabuhan Pamatata Kab. Selayar karam pada Rabu 4 Juli 2018 di perairan Selayar, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

HARUS BACA :  Akademi Angkatan Laut Peringati Hari Pahlawan

Melalui jajaran Koarmada II yaitu Lantamal VI Makassar bertindak cepat melaksanakan koordinasi dengan Staf Operasi (Sops) Koarmada II dan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada II untuk menggerakkan KRI terdekat diantaranya KRI Madidihang-855, KRI Layang-635, dan KAL Sulupari.

HARUS BACA :  Tank Kaplan MT Siap Uji Kualifikasi untuk Indonesia

Kapal Motor Penumpang (KMP). Lestari Maju yang dinahkodai Agus Susanto mengalami kecelakaan akibat adanya kebocoran di lambung kiri kapal, selanjutnya pada pukul 13.40 WITA mengalami masalah (air masuk ke Dek lantai bawah) saat ditengah laut sehingga Kapal Motor Penumpang (KMP) Lestari Maju merapat ke pantai Pabbadilan desa Bungaya Kecamatan, Bontomatene Kabupaten Kepulauan, Selayar, kapal dikandaskan jarak 1 Nm dari Darat.

HARUS BACA :  BPPT Kembangkan Teknologi Deteksi Kapal Selam

KRI Madidihang posisi yang sedang melaksanakan operasi pengamanan VIP langsung bergerak dari Pare-Pare ke Selayar kurang lebih 7 jam, Posmat TNI AL Selayar dan Posmat Bulukumba beserta kapal Basarnas KM. Antasena dan instansi maritim setempat berhasil mengevakuasi sekitar 108 penumpang KMP Lestari Maju yang tenggelam dan kandas di perairan Selayar, Sulsel.

Selain itu, KAL Suluh Pari I.6-60 dan Sea Rider, serta 2 tim Marinir dari Lantamal VI bertolak DWA 16.39 dari Dermaga Mako Lantamal VI juga membantu melakukan pencarian korban meninggal dunia dari data terakhir berjumlah 29 orang dari 139 penumpang.

HARUS BACA :  Peletakan Lunas "KD Raja Mahadi", Gowind Ketiga Malaysia
HARUS BACA :  Wing I Paskhas Latihan Pertahanan Pangkalan

Korban yang meninggal umumnya karena panik dan melompat ke laut tanpa mengenakan swim vest atau pelampung yang diketahui saat itu ombak cukup besar.

Selanjutnya korban selamat, saat ini sebanyak 17 orang dirawat di RSU KH Hayyung, Selayar. Kemudian 32 lainnya dirawat di Puskesmas Batangmata dan sisanya 35 orang di Puskesmas Parangia. (Dispen Koarmada II).

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here