Wow, China Luncurkan 2 Destroyer Canggih

Militer.or.id – Wow, China Luncurkan 2 Destroyer Canggih.

Destroyer Tipe 055 China. (photo: screen capture China Central Television)

Militer.or.id – Angkatan Laut Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAN) meluncurkan dua Destroyer Tipe 055, tanggal 3 Juli 2018, yang merupakan pengembangan kelas atas dari kapal perusak 052D class (Luyang III), dirilis situs Indrastra.com, 6-7-2018.

Kapal perusak yang baru diluncurkan ini diharapkan memainkan peran instrumental dalam formasi penyerangan di masa depan di China dan mereka datang dengan kemampuan tambahan untuk melakukan pertahanan Rudal dan serangan laut ke darat.

Menurut media China, Type 055 adalah Destroyer Rudal kelas 10.000-ton pertama di China, dan kapal pertama dan kedua dari jenis ini diluncurkan oleh Shanghai Jiangnan Shipyard Group pada Juni 2017 dan April 2018. Namun, menurut para ahli, beban penuh kapal akan lebih besar – di kisaran 12–13.000 ton.

Destroyer Tipe 055 China. (photo: screen capture China Central Television)

Dua kapal yang diluncurkan Selasa dibangun oleh Grup Galangan Kapal Dalian. Kedua galangan kapal berada di bawah Perusahaan Galangan Kapal Negara China. Dua kapal perusak baru akan menjalani lebih banyak pekerjaan dan pengujian sebelum kemungkinan diterima dalam layanan Angkatan Laut China (PLAN) akhir tahun depan.

HARUS BACA :  BAE Systems Officially Submits Bid for SEA 5000

Menurut sumber-sumber, Destroyer ini akan membentuk tulang punggung sistem pertahanan anti-Rudal China, bekerja bersama dengan kapal perusak Tipe 052D yang ada saat ini, melayani sebagai bagian dari apa yang disebut Aegis China.

HARUS BACA :  Ragu, Pengadaan Su-35 Masih Menunggu Sinyal Amerika

Kapal-kapal memiliki panjang 180 meter, beam 20 meter dan draft 6,6 meter untuk pemindahan beban penuh. Dilengkapi dengan 112 sistem peluncuran vertikal (VLS).

HARUS BACA :  Penerbangan Citilink Pindah Ke Terminal 2 Awal 2018

Kapal akan membawa berbagai sistem Rudal seperti:

HHQ-9B Rudal permukaan-ke-udara dengan kemampuan terminal anti-ballistic missile
HQ-26 Rudal anti-balistik
YJ-18 Land menyerang Rudal jelajah
CJ-10 Rudal jelajah darat jarak jauh
YJ-18A Rudal jelajah anti kapal
YJ-100 Rudal jelajah anti-kapal jarak jauh
Rudal CY-5 Anti-kapal selam
DK-10A Quad memadati rudal permukaan-ke-udara

Juga, akan dipersenjatai dengan senjata utama H / PJ-38 130mm. Telah dispekulasikan, kelas kapal ini dapat membawa 2 unit Helikopter Z-9C ASW atau 2 Z-18 anti-kapal selam (ASW).

VLS ini didistribusikan di dua tempat – 64 x ke depan dan 48 x buritan, tepat di depan hangar ganda kapal. Mereka adalah model yang sama seperti yang digunakan pada Tipe 052D, yang kompatibel dengan teknologi hot and cold menggunakan Concentric Canister Launcher (CCL), yang memberikan keserbagunaan yang lebih besar untuk meluncurkan Rudal dari desain dan konfigurasi yang berbeda.

HARUS BACA :  Presiden Jokowi Akan Beri Nama Tank Pindad

Song Zhongping, seorang ahli militer dan komentator TV, mengatakan kepada Global Times – “Tipe 055 adalah yang paling cocok untuk senjata elektromagnetik masa depan China, karena kapal perang serba listrik dapat memenuhi permintaan pasokan listrik yang sangat besar.” Ini adalah kemampuan yang Tipe-055 diproyeksikan untuk dimiliki dalam dekade berikutnya.

HARUS BACA :  Iran Tidak Akan Negosiasi tentang Kekuatan Rudal

*Menurut para ahli militer China, minimal 10 Jenis 055 dibutuhkan dan banyak lagi yang akan bergabung dengan armada PLAN dalam waktu dekat untuk mengakomodasi berbagai “misi yang terdiversifikasi” di seluruh Asia dan sekitarnya.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here