Angkatan Laut Finlandia ganti RBS-15 SF dengan Gabriel

Militer.or.id – Angkatan Laut Finlandia ganti RBS-15 SF dengan Gabriel.

Peluncur rudal anti-kapal Gabriel buatan Israel © Bukvoed via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Kementerian Pertahanan Finlandia telah memberi wewenang kepada Komando Logistik Angkatan Bersenjata Finlandia guna melanjutkan akuisisi rudal anti-kapal Gabriel buatan Israel Aerospace Industries (IAI), seperti dilansir dari laman IHS Jane.

Akuisisi sistem rudal permukaan ke permukaan buatan Israel Aerospace Industries (IAI) tersebut adalah untuk melengkapi kapal cepat rudal kelas Hamina dan korvet multiperan masa depan Angkatan Laut Finlandia, yakni Squadron 2020.

HARUS BACA :  Marinir Indonesia Jajaki Tank BT-3F Amfibi
HARUS BACA :  Revisi Pembatasan Pengembangan Peluru Kendali Balistik Korsel

Rudal permukaan ke permukaan atau surface-to-surface missile (SSM) tersebut akan ditetapkan sebagai SSM2020 dalam layanan Angkatan Laut Finlandia adalah utnuk menggantikan rudal anti-kapal MT085M alias rudal anti kapal RBS-15 SF yang akan mencapai masa pensiun di awal tahun 2020-an.

Untuk saat ini, informasi tentang varian rudal permukaan ke permukaan Gabriel ini, masih belum diungkapkan. IAI diperkirakan akan mengembangkan varian terbaru rudal Gabriel, yakni Gabriel V yang disebut sebagai Advanced Naval Attack Missile.

HARUS BACA :  Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat Pesawat Amerika Serikat

Gabriel V Advanced Naval Attack Missile akan dilengkapi dengan pencari radar aktif terbaru dan ini dirancang untuk beroperasi dilingkungan laut yang padat serta untuk mengalahkan sistem pertahanan angkatan laut canggih yang sukar ataupun mudah untuk dilumpuhkan, namun informasi lebih lanjut masih belum ada.

HARUS BACA :  Sengkarut Konflik AS-Rusia di Suriah

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Jaring Pengganti Cantrang, Bantuan KKP untuk Nelayan

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here