Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Tim URCL Bakamla Siap Latihan Bersama Japan Coast Guard

Militer.or.id – Tim URCL Bakamla Siap Latihan Bersama Japan Coast Guard.

Tim Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) Bakamla RI siap ikuti latihan penanggulangan tindak kejahatan di laut dengan Japan Coast Guard.

Jakarta Utara, Militer.or.id – Tim Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) Bakamla RI siap ikuti latihan penanggulangan tindak kejahatan di laut dengan Japan Coast Guard. Kesiapan operasi tim URCL dimatangkan dalam kegiatan Tactical Floor Game (TFG) yang digelar di Lounge Room pasukan, KN. Tanjung Datu, yang bersandar pada Aelasa 10Juli 2018 di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Guna mendukung suksesnya operasi dan latihan ini Tim URCL Bakamla RI melibatkan 3 orang pelatih personel pasukan khusus laut TNI AL, dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada I, yang dipimpin oleh Komandan Kompi Markas Satkopaska Koarmada I Kapten Laut (P) Edy Tirtayasa.

Perwira Kopaska tersebut menyampaikan materi latihan sekaligus memberikan pembekalan kepada Tim URCL mengenai prosedur pengamanan personel saat melakukan pemeriksaan kapal, taktik dan manuver pemeriksaan kapal Ship Boarding, pergerakan di kapal Ship Movement, serta penanganan tawanan atau Personal Handling.

Dalam latihan bersama ini, rencananya Tim URCL Bakamla RI akan diperkuat oleh gabungan tim dari Pol Air , KKP dan KPLP. Aksi manuver laut yang akan dilakukan dibawah kendali Kasi Operasi Keamanan Laut Bakamla RI Mayor Laut (T) Puadi Hasani.

Adapun pergerakan yang akan dilakukan bersama dengan kapal Japan Coast Guard Ship (JCGS) Tsugaru PLH 02 antara lain Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) dengan target pemeriksaan dan penggeledahan terhadap kapal yang yang diduga menangangkut Narkoba di wilayah perairan Yurisdiksi nasional.

Konsep operasi pemerikasaan kapal bersama tim VBSS Japan Coast Guard sedikit agak berbeda dengan konsep operasi yang diadopsi oleh tim dari Indonesia, dimana tim URC/VBSS akan naik kapal target dari kapal pemeriksa tanpa menggunakan Combat Boat atau Searider, namun kapal pemeriksa akan menempel dilambung kapal target kemudian tim URCL melakukan pemeriksaan dan penggeledahan.

Kegitan TFG Tim URCL diikuti oleh gabungan pasukan VBSS dari lintas sektoral di bidang kemaritim yang rencananya akan terlibat dalam latihan bersama ini antara lain Tim dari Pol Air, KKP dan KPLP. (Humas Bakamla RI).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *