Apakah Era Teknologi Siluman Segera Tamat?

Apakah Era Teknologi Siluman Segera Tamat?

Militer.or.id – Apakah Era Teknologi Siluman Segera Tamat?.

Formasi jet tempur siluman F-35A Angkatan Udara AS. © US Air Force via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Apakah Pentagon baru saja mengakui bahwa teknologi siluman mungkin akan segera tamat? Atau bahwa Amerika harus siap menghadapi masa depan di mana Angkatan Udara tidak mengendalikan angkasa?

Seperti dilansir dari laman Warrior Maven, DARPA, lembaga penelitian terdepan dari Pentagon, diam-diam telah meningkatkan kemungkinan ini ketika mencari teknologi masa depan untuk menghadapi perang berikutnya. Dan teknologi siluman mungkin bukanlah jawabannya.

“Platform siluman mungkin telah mendekati batasan fisiknya”, kata DARPA.

DARPA juga mengakui bahwa “sistem akuisisi pertahanan sulit untuk merespon pada skala waktu yang relevan terhadap kemajuan musuh, yang telah membuat pencarian untuk kapabilitas generasi mendatang sekaligus lebih mendesak dan lebih sia-sia”.

Jika itu yang terjadi, maka desain pesawat tempur generasi berikutnya pada akhirnya akan menggantikan desain pesawat siluman F-22, F-35 dan B-2 dan mungkin tak lebih siluman daripada pendahulunya. Atau, dalam balapan tak berujung antara teknologi siluman dan sensor yang berusaha menembus cadarnya, teknologi siluman mungkin akan mencapai batasnya.

Dengan demikian, DARPA harus mengajukan pertanyaan bahwa Amerika tidak pernah benar-benar direnungkan sebelumnya.

“Apakah ada alternatif yang dapat diterima untuk dominasi udara?”, tanya DARPA. “Apakah mungkin untuk mencapai tujuan kekuatan gabungan tanpa membersihkan langit dari jet tempur dan pesawat pembom musuh, dan juga menghilangkan semua ancaman berbasis permukaan? Apakah semua dapat dicapai tanpa menempatkan platform dan kru canggih berharga mahal dan berisiko untuk mengurangi potensi musuh yang saat ini lebih unggul dari Amerika Serikat?”

DARPA mengatakan ingin melihat apakah mungkin untuk bisa “melampaui kemajuan evolusioner dalam teknologi siluman dan mengganggu doktrin tradisional dalam hal dominasi/supremasi udara?”

Namun cara perang tradisional AS sejak 1941 adalah untuk mencari kendali atas langit, meskipun ada tambalan-tambalan kasar, seperti Perang Pasifik pada 1941 dan Serangan Bomber atas Jerman pada tahun 1943-1944, AS telah berhasil membersihkan langit dari pesawat musuh dan mengisinya dengan miliknya sendiri. Hanya sedikit orang Amerika yang hidup saat ini yang pernah dibom oleh pesawat musuh Amerika.

Tetapi hari-hari itu hilang, karena Rusia dan sekarang China sedang mengembangkan pesawat siluman dan berbagai rudal anti-pesawat yang mematikan.

Sekarang, DARPA sedang mencari cara lain bahwa kekuatan udara AS dapat mencapai tujuannya bahkan tanpa superioritas udara, seperti “lethality melalui kombinasi kinerja yang luar biasa dan jumlah yang luar biasa banyak”.

Memang, lembaga penelitian peliharaan Pentagon tampaknya mengambil usapan pada konsep sejumlah kecil pesawat mahal seperti pesawat tempur siluman F-35 dan juga pembom siluman B-2 ketika menyerukan “mengurangi ketergantungan pada platform monolitik yang semakin kompleks”.

Demikian pula, “bagaimana cara AS dapat mengurangi ketergantungan pada platform grup serang kapal induk yang besar, mahal dan semakin rentan?” Tanya DARPA.

DARPA melihat sebuah solusi yang mungkin sebagai “kapal kecil, murah dan besar-besaran yang berasal dari desain pesawat komersial”. Pendekatan yang sama itu juga berlaku untuk ruang angkasa, ketika Amerika Serikat bergerak menjauh dari “monolitik, aset dan instrumen luar angkasa bernilai tinggi” demi satelit yang berukuran lebih kecil, lebih sederhana dan lebih murah termasuk kendaraan peluncurnya – kemungkinan ini bercermin dari Rusia dan China yang mampu berinovasi dengan anggaran pertahanan terbatas, sehingga tak perlu membuang uang dengan percuma.

Di darat, DARPA menyarankan untuk perang masa depan akan lebih kecil dan unit-unit darat yang lebih mematikan beroperasi tanpa infrastruktur besar dari basis operasi garis depan dan jalur suplai panjang.

Badan itu membayangkan “terranet” otonom (mungkin akan dikendalikan kecerdasan buatan atau AI) yang akan mengkoordinasikan kegiatan formasi brigade berawak dan tanpa awak, karena mereka akan bertempur dalam gelapnya domain yang muncul dari peperangan bawah tanah.

Menariknya, contoh pertempuran darat di masa depan yang dikutip DARPA adalah “Starship Troopers”, novel fiksi ilmiah dan film legendaris tentang pasukan memakai armor bertenaga. Namun novel sebenarnya dari Robert Heinlein adalah Iwo Jima dan Okinawa di luar angkasa.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *