Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Latihan Kartika Jala Krida Sail Regatta Vladivostok Rusia

Militer.or.id – Latihan Kartika Jala Krida Sail Regatta Vladivostok Rusia.

Persiapan Latihan Kartika Jala Krida Sail Regatta Vladivostok Rusia .

Surabaya, Militer.or.id – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., menerima paparan kesiapan Latihan Kartika Jala Krida (KJK) Sail Regatta Vladivostok Rusia yang diikuti Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan Ke–65. Kasal juga menerima paparan tentang Torch Relay Asian Games XVIII Tahun 2018, bertempat di Rupat Pangkoarmada II Ujung, Surabaya, Rabu, 25/07/2018.

Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji memaparkan tentang Pelaksanaan KJK Taruna AAL TK III TA 2018 yang akan dilaksanakan tanggal 2 Agustus sampai 9 November 2018. Adapun rute yang dilintasi yaitu Surabaya – Batam – Zhanjiang (China) – Yeosu (Korsel) – Vladivostok (Rusia) – Qingdao (China) – Yokosuka (Jepang) – Jeju (Korsel) – Manila (Philipina) – Bitung – Surabaya.

Adapun tujuan pelaksanaan KJK Taruna AAL adalah melaksanakan pelayaran Navigasi, lingkaran besar, Astro dan mempraktekan semua pelajaran profesi dasar matra laut pada keadaan sebenarnya, Membentuk mental kejuangan dan karakter prajurit matra laut, memberikan wawasan kepada taruna tentang tempat yang disinggahi serta pergaulan Internasional dan Peran diplomasi TNI AL, promosikan budaya Indonesia, TNI AL dan AAL, Menuju World Class Navy & World Class Naval Academy.

Sedangkan sasaran latihan KJK ini adalah terwujudnya mental kejuangan dan karakter Taruna AAL Tingkat III sebagai calon Perwira dan prajurit matra laut, serta mengaplikasikan teori sesuai materi Korps masing-masing di lapangan, Terealisasinya publikasi/promosi tentang AAL/TNI AL pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya di setiap tempat yang di singgahi dan tercapainya tambahan wawasan dan pengalaman dalam pergaulan Internasional bagi Taruna AAL Tingkat III sebagai calon Perwira TNI AL yang sangat dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.

Persiapan Latihan Kartika Jala Krida Sail Regatta Vladivostok Rusia .

Selanjutnya, dalam Torch Relay Asian Games XVIII Tahun 2018 Komandan Lantamal VI Laksma TNI Dwi Sulaksono, SH, MTr (Han)., memaparakan tentang rute umum fase laut dan darat adapun tempat yang di kunjungi 18 Provinsi dan 63 Kota di Indonesia mulai Tanggal 28-30 Juli 2018 di Tanjung Bira atau Bulukumba Makassar.

Asian Games 2018 di Kota Makassar akan berlangsung berbeda dengan daerah lain. Hal ini dikarenakan prosesi kirab api obor pesta olahraga se-Asia ini akan diawali dari laut Makassar. Kapal legendaris TNI AL KRI Dewaruci yang membawa api obor Asian Games berlayar di Perairan Makassar. Api dari India ini rencananya akan dikirab di Kota Makassar pada tanggal 29 Juli 2018 dengan prosesi diawali dari laut berlayar menggunakan KRI Dewaruci menuju dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar, dimana nanti Kasal menyerahkan api obor Asian Games kepada Gubernur Sulsel.

Selain KRI Dewaruci, Sejumlah kapal perang seperti Sea Rider dan perahu tradisional serta jetski akan turut mengawal api obor Asian Games di Perairan Makassar. (Dispen Koarmada II).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *