Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

8 Pesawat F-16 TNI AU Ikuti Pitch Black 2018

Militer.or.id – 8 Pesawat F-16 TNI AU Ikuti Pitch Black 2018.

Pesawat F-16 TNI AU (photo: TNI AU)

Kupang – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan Indonesia mengirim delapan pesawat tempur untuk mengikuti latihan tempur di Darwin, Australia yang diberi nama “Exercise Pitch Black Royal Australia Air Force” (RAAF).

“Kita kirimkan delapan pesawat tempur jenis F-16 buatan Amerika untuk mengikuti kegiatan tersebut,” kata Panglima TNI kepada wartawan di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu, 25/7/2018, dirilis Antara.

Hal ini disampaikannya saat berkunjung selama satu jam ke Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang, sebelum kemudian bertolak ke Australia.

Sejumlah pesawat tempur itu sudah bertolak terlebih dahulu ke Darwin Australia untuk mempersiapkan diri sebelum nantinya pada Senin (30/7/2018) nanti akan mengikuti latihan tempur tersebut yang akan dihadiri juga oleh 16 negara.

Pesawat tempur F-16 itu merupakan pesawat tempur milik Indonesia dari Skuadron 3 Lanud Iswahjudi Magetan, Jawa Timur.

Namun menurut Panglima TNI, keberangkatannya ke Australia sebenarnya bukan untuk menghadiri kegiatan Pitch Black tersebut.

“Saya ke Australia bukan untuk itu. Tetapi menghadiri Haigh Level Comitte (HLC) yang merupakan pertemuan tahunan antara Indonesia dengan Australia,” katanya.

Pertemuan tersebut membahas berbagai hal mulai dari logistik, personel, intelijen serta hal-hal yang berkaitan dengan keamanan.

Terkait “Pitch Black” itu, dia berharap agar sejumlah pasukan Indonesia bisa mendapatkan hasil yang baik dalam latihan tempur dua tahunan itu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *