Lantamal IX Dukung Angkut Logistik TNI ke Suku Mausu Ane – Militer.or.id

Militer.or.id – Lantamal IX Dukung Angkut Logistik TNI ke Suku Mausu Ane – Militer.or.id.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., mengirimkan tambahan bantuan logistik seperti bahan makanan, pakaian, tenda, kebutuhan anak-anak, obat-obatan, alat komunikasi serta tenaga medis dan komunikasi kepada masyarakat Suku Mausu Ane di Pegunungan Markulle, Kabupaten Maluku Tengah.

Maluku Tengah, Militer.or.id – Seperti yang diberitakan beberapa hari ini, bencana kelaparan tengah menyerang ratusan warga Suku Mausu Ane dua pekan terakhir. Mereka mengalami kelaparan setelah hasil perkebunannya gagal panen karena diserang hama, akibatnya 3 orang warga dilaporkan meninggal dunia.

Berkaitan dengan itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., mengirimkan tambahan bantuan logistik seperti bahan makanan, pakaian, tenda, kebutuhan anak-anak, obat-obatan, alat komunikasi serta tenaga medis dan komunikasi kepada masyarakat Suku Mausu Ane di Pegunungan Markulle, Kabupaten Maluku Tengah.

HARUS BACA :  Antusiasme Siswa Sekolah Saksikan Pesawat Tempur F-16

Bantuan tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Penguatan Bantuan Kemanuasiaan untuk masyarakat Suku Mausu Ane itu diberangkatkan dari Jakarta dan mandarat di Base Ops Lanud Pattimura Ambon dengan menggunakan Pesawat Udara Hercules C-130 A-1312 hari Sabtu 28 Juli 2018 sore.

Setelah sampai, logistik itu kemudian dipindahkan ke dua unit truk milik Lantamal IX, dua unit truk milik Yonmarhanlan IX, satu truk milik Lanud Pattimura, satu unit truk Bek Angdam XVI Pattimura, satu unit truk milik Yonif 731 Kabaresi dan tiga unit Strada milik Kodam XVI Pattimura yang selanjutnya di berangkatkan menuju camp di Pegunungan Markulle, Dusun Siahari dan Desa Morokay, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

HARUS BACA :  Pejabat Kemhan Kunjungi Pos Prajurit di Perbatasan

Logistik yang di angkut dengan truk militer tersebut dari Base Ops Lanud Pattimura menuju Pulau Seram dilepas oleh Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang bersama Danrem 151 Binaiya Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru, Aster Kasdam XVI Pattimura, Wadan Lantamal IX, Kadisops Lanud Pattimura dan beberapa pejabat di jajaran Kodam XVI Pattimura, Lantamal IX serta Lanud Pattimura.

HARUS BACA :  TUDM Peruntuk RM7 Juta Lagi untuk Projek POH Lahad Datu

Saat menyebrang dari Pelabuhan Hunimua Desa Liang Kabupaten Maluku Tengah ke Pelabuahan Desa Waipirit, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menggunakan KMP. Inelika. Keberangkatan kapal membawa rombongan truk TNI itu dikawal oleh Kapal Angkatan Laut (KAL) Hutumuri 1-9.0-01 Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IX.

Setelah perjalanan jauh yang di tempuh malam hari dari Pelabuhan Desa Waipirit menuju ke lokasi, rombongan truk TNI pembawa logistik tiba di camp pada hari Minggu 29 Juli 2018 siang yang kemudian logistik diturunkan di camp untuk di bagikan kepada Warga Suku Mausu Ane.

Suku Mausu Ane adalah suku asli pedalaman di Pegunungan Markulle, diketahui mereka belum bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Ambon, mereka hidup secara nomaden atau hidup berpindah – pindah tempat dan hanya bisa ditemui melalui perantaraan Raja Maneo. (Dispen Lantamal IX).

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here