Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Pendaki Gunung Rinjani – Militer.or.id

Militer.or.id – Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Pendaki Gunung Rinjani – Militer.or.id.

Tim Gabungan juga mendirikan dapur umum di Kantor Camat Sembalun, Kantor Desa Obel-obel Kec. Sembelia, Kantor Desa Belanting Kec. Sembelia dan Lapangan Desa Madayin, untuk memudahkan Tim Gabungan menyalurkan bantuan berupa makanan yang siap saji bagi warga yang membutuhkan.

Gunung Rinjani, Militer.or.id – 122 personel Tim Gabungan terdiri dari 20 prajurit TNI, 16 personel Polri/Sabhara, 34 personel Basarnas, 6 personel tenaga Medis, 4 personel Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala), 10 personel staf Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), 16 personel SAR dan 16 orang masyarakat berhasil melakukan kontak dengan para wisatawan pendaki Gunung Rinjani, pada Senin 30 Juli 2018.

HARUS BACA :  Anggaran 10 Program Prioritas Nasional, RAPBN 2018

Selanjutnya Tim Gabungan melaksanakan evakuasi terhadap para pendaki wisatawan lokal dan asing yang terperangkap di atas Gunung Rinjani akibat gempa bumi 6,4 SR di wilayah Lombok, Bali dan Sumbawa beberapa waktu yang lalu. Sampai berita ini diturunkan Tim Gabungan Evakuasi pendaki Gunung Rinjani masih berusaha keras menyelamatkan pendaki gunung yang masih berada di atas Gunung Rinjani.

Adapun data korban sementara yang berhasil di evakuasi oleh Tim Gabungan diantaranya terdiri dari 189 pendaki warga negara asing, 173 warga negara Indonesia, plus 150 orang Porter dan 31 orang Guide. Pada bagian lain data tentang korban meninggal dunia di Kecamatan Sembelia berjumlah 10 orang, korban luka-luka 23 orang dan saat ini masih dalam perawatan di Puskesmas Belanting.

HARUS BACA :  Kasad: Lulusan Seskoad Menjadi Motor Penggerak TNI AD
HARUS BACA :  Kasad: Lulusan Seskoad Menjadi Motor Penggerak TNI AD

Di Kecamatan Sembalun 3 orang meninggal dunia dan korban luka-luka 10 orang masih dirawat dirawat RS. Selong. Sementara di Kecamatan Sembalun Desa Sembalun Bumbung rumah rusak berat 8 unit dan rusak ringan 86 unit. Desa Sembalun Lawang rumah rusak berat 32 unit dan rusak ringan 123 unit.

Desa Timba Gading rumah rusak berat 3 unit dan ringan ringan 75 unit. Desa Sembalun rumah rusak berat 11 unit dan rusak ringan 28 unit. Desa Sajang rumah rusak berat 61 unit dan rusak ringan 200 unit. Desa Bilok Petung rumah rusak berat 6 unit dan rusak ringan 2 unit. Sedangkan kerugian materiil di Kecamatan Sembelia Desa Obel Obel meliputi rumah rusak berat 264 unit dan rusak ringan 242 unit.

HARUS BACA :  Koarmada III dan Pasmar III Segera Diresmikan

Desa Madayin rumah rusak berat 418 unit dan rusak ringan 82 unit. Desa Belanting rumah rusak berat 10 unit dan 15 unit. Langkah dan upaya yang diambil oleh Tim Gabungan dalam kegiatan penanganan yaitu dengan mendirikan Posko Rumah Sakit Lapangan di depan Puskesmas Sembalun Kec. Sembalun, Puskesmas Belanting Kec. Sembelia, lapangan depan Kantor Desa Obel-obel Kec. Sembelia dan lapangan Desa Madayin Kec. Sembelia.

HARUS BACA :  Tim Pelajar DKI Raih Medali Olimpiade Iptek Moskow

Tim Gabungan juga mendirikan dapur umum di Kantor Camat Sembalun, Kantor Desa Obel-obel Kec. Sembelia, Kantor Desa Belanting Kec. Sembelia dan Lapangan Desa Madayin, untuk memudahkan Tim Gabungan menyalurkan bantuan berupa makanan yang siap saji bagi warga yang membutuhkan. (Puspen TNI).

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  AS Perkuat Kerja Sama Penerbangan dengan Indonesia

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here