Rusia Luncurkan Sprut-SDM1 Ke Pasar Dunia

Militer.or.id – Rusia Luncurkan Sprut-SDM1 Ke Pasar Dunia.

Sprut-SDM1, tank amfibi ringan buatan Rusia © Rosoboronexport

Militer.or.id – Perusahaan penjual senjata asal Rusia, Rosoboronexport (bagian dari BUMN Rusia, Rostec) pada hari Kamis, 16 Agustus telah meluncurkan tank amfibi ringan Sprut-SDM1 yang dibangun oleh Tractor Plants Concern ke pasar senjata dunia.

“Ini adalah bagian unik dari persenjataan yang tak tertandingi di seluruh dunia. Sprut-SDM1 adalah satu-satunya kendaraan tempur amfibi ringan di kelasnya yang dilengkapi senjata dari tank tempur utama”, kata Direktur Jenderal Rosoboronexport, Alexander Mikheev.

Mikheev menambahkan bahwa kendaraan ini mampu turun dari kapal dan beroperasi siang dan malam di medan yang tak mungkin dilalui oleh kendaraan sejenis lainnya.

HARUS BACA :  Lockheed Tawarkan F-22 "Hybrid" Kepada USAF

Rosoboronexport berharap kendaraan itu akan mendapatkan perhatian dari negara-negara yang memiliki medan yang sulit, seperti rintangan perairan, rawa-rawa atau pegunungan. Secara khusus, sejumlah negara di Asia Tenggara telah menunjukkan minat yang besar terhadap Sprut-SDM1.

“Sprut-SDM1 ini dirancang untuk memberikan dukungan serangan bagi infanteri, melawan target lapis baja, menghancurkan pos-pos pertahanan musuh dan benteng serta melakukan misi pengintaian dan keamanan. Ini dimaksudkan untuk melengkapi Korps Marinir dan unit tank pasukan darat”, tulis Rosoboronexport.

Sprut-SDM1 ini dilengkapi persenjataan yang kuat, sama seperti tank tempur utama termasuk senjata 125 mm, senapan mesin remote control 7,62 mm dan senapan mesin koaksial 7,62-mm.

HARUS BACA :  Menjelang Pekan Profesi Prajurit Koarmada II Terus Berlatih
HARUS BACA :  Panglima TNI Sudah Menghadap Presiden Terkait Polemik Senjata Ilegal

Kendaraan Sprut-SDM1 juga dilengkapi dengan sistem persenjataan rudal yang mana dirancang untuk melawan target lapis baja, termasuk yang dilengkapi ERA, dengan jarak hingga 5 km.

Sistem kendali tembak digitalnya yang canggih serta otomatis memungkinkan untuk pendeteksian, pengenalan dan penghancuran sasaran, baik saat bergerak dan berhenti, dalam kondisi jarak pandang yang buruk, siang atau malam, menggunakan pembidik terpisah untuk penembak dan komandan.

HARUS BACA :  Jet Tempur Rusia Gempur Kendaraan ISIS

Tank amfibi ringan Sprut-SDM1 ini menawarkan perlindungan tingkat tinggi untuk kendaraan di kelasnya. Bobotnya yang rendah dan kemampuan untuk menyeberangi perairan memastikan bahwa tingkat kemampuan lintas medan yang tinggi. Mampu bertarung didataran tinggi ataupun iklim tropis yang panas, termasuk menembakkan senjatanya sambil mengapung.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Beijing Prihatin Atas Pengiriman 2 Kapal Perang AS ke Selat Taiwan – Militer.or.id

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Prajurit TNI Peringati Hari Kemerdekaan RI di Lebanon

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here