Perang Yaman: AS Bisa Hentikan Dukungan ke Saudi

Militer.or.id – Perang Yaman: AS Bisa Hentikan Dukungan ke Saudi.

Sistem rudal Patriot Arab Saudi yang dibeli dari Amerika Serikat. (Qrmoo3 via commons.wikimedia.org)

Moskow, Militer.or.id – Pentagon telah memperingatkan Arab Saudi agar menarik militer dan dukungan intelijennya dalam operasi melawan pemberontak Houthi di Yaman, setelah puluhan warga sipil tewas dalam serangan di bus sekolah pada awal bulan ini, ujar media yang mengutip pejabat, Selasa, 28-8-2018, dirilis Sputniknews.com.

HARUS BACA :  Ketika KRI Bung Tomo Jumpa KRI Usman Harun di Lebanon

Serangan udara yang dilakukan oleh koalisi pimpinan Saudi di Saada, Provinsi Utara Yaman, menghantam bus yang membawa anak-anak dari kamp musim panas pada 9 Agustus 2018, menewaskan 51 orang, termasuk 40 anak di bawah umur.

Penyiar CNN telah mengetahui bahwa Menteri Pertahanan AS James Mattis dan Kepala operasi militer AS di Timur Tengah, Jenderal Joseph Votel, khawatir bahwa Washington mendukung kampanye serangan udara pimpinan Saudi yang menewaskan banyak warga sipil.

HARUS BACA :  Militer Iran Luncurkan Rantis Baru, Toofan 4x4
HARUS BACA :  KRI Dewaruci Singgah di Cirebon

Menurut penyiar itu, dukungan militer dan intelijen AS ke Riyadh dapat dikurangi kecuali Saudi berusaha mencegah kematian warga sipil dalam kampanyenya di Yaman.

Juru bicara Pentagon, Letnan Cmdr. Rebecca Rebarich mengatakan kepada Sputnik pada 16 Agustus 2018 bahwa Departemen Pertahanan AS bekerja dengan Kongres tentang masalah keterlibatan militer AS dalam serangan di Yaman.

Yaman telah dilanda konflik bersenjata antara pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi dan pemberontak Houthi sejak 2015. Koalisi yang dipimpin Saudi sebagian besar negara-negara Teluk Persia telah melakukan serangan udara terhadap Houthis atas permintaan Hadi sejak Maret 2015.

HARUS BACA :  Kapal Selam Ardadedali-404 Tiba di Dermaga Ujung Surabaya
Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Pembinaan Pangkalan Brigif Raider 9 Kostrad

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  TNI AD Terima 8 Helikopter Apache