Rudal Jelajah Supersonik Kh-31 Rusia vs Sistem Tempur Aegis Amerika Serikat

Rudal jelajah supersonik Kh-31 (X-31). Sumber: TASS.ru

Meski Kh-31 dianggap sebagai senjata mematikan, namun kapal perusak dan jelajah US Navy yang diperlengkapi dengan sistem tempur Aegis memiliki pertahanan berlapis yang mampu melindungi dirinya sendiri serta kapal yang mereka kawal.

Belum jelas bagaimana kemampuan kombinasi radar SPY-1, sistem tempur Aegis dan rudal Raytheon SM-2/SM-6 jika berhadapan dengan Kh-31 dari jarak dekat (mengingat Su-30SM mampu mendekati  permukaan air untuk berhadapan langsung dengan kapal perang musuh). Namun, perlu dicatat, kapal perang Aegis juga dilengkapi dengan rudal Raytheon RIM-162 Evolved SeaSparrow, RIM-116 Rolling Airframe Missiles (RAM), dan sistem pertahanan titik Phalanx.

HARUS BACA :  Myanmar MiG-29 Upgrade Revealed
HARUS BACA :  Kumdam Pattimura Tingkatkan Kesadaran Hukum, Kedisiplinan Prajurit

Kendati yakin dengan kemampuan sistem tempur Aegis, pejabat US Navy sempat menyatakan kekhawatirannya soal rudal supersonik yang dibuat oleh Rusia dan Tiongkok. Seperti diketahui, rudal BrahMos yang dikerjakan secara bersama oleh India dan Rusia memiliki kecepatan 2,8 Mach (3450 km/jam) dan memiliki teknik terbang yang unik sehingga sulit untuk dicegat. Pihak US Navy sampai saat ini masih enggan menjelaskan mengapa mereka khawatir terhadap rudal semacam itu.

Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

HARUS BACA :  S. Korea's KF-X Fighter Taking Shape, Final Design due in 2018
44.1k Followers
Follow

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  China Building Third Aircraft Carrier More Advanced than Liaoning