Skadron 14 Bangun Shelter untuk Sukhoi Su-35S

Militer.or.id – Skadron 14 Bangun Shelter untuk Sukhoi Su-35S.

Sukhoi Su-35. (photo : Dmitry Pichugin – Ministry of Defence of Russia)

Magetan, Militer.or.id – Jajaran TNI AU segera membangun shelter di Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, untuk mempersiapkan kedatangan pesawat tempur Sukhoi SU-35 yang dibeli dari Rusia, dirilis Antara, Senin, 4-9-2018.

Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Samsul Rizal di Magetan, Selasa, menyebutkan pihaknya menyiapkan pembangunan 10 shelter masing-masing berukuran 20 X 25 meter. “Kami segera membangun 10 shelter di lokasi shelter Skadron Udara 14 yang dulu digunakan untuk pesawat F-5 Tiger,” jelas Marsma Samsul.

HARUS BACA :  Siapkan Pasukan Canggih, India Akan Kurangi 150.000 Tentara

Menurutnya, ukuran pesawat Sukhoi lebih besar dari pesawat F-5 Tiger sehingga tidak mungkin menggunaan shelter lama, dan harus membangun lagi yang baru. Sedangkan untuk hanggar, masih menurut Marsma Samsul, bisa menggunakan hanggar Skadron Udara 14 yang sudah ada.

“Untuk hanggar masih menggunakan yang lama, hanya beberapa bagian perlu dilengkapi, seperti listrik,” ujarnya. Dia memberikan alasan mengapa tidak membangun hangar baru untuk Sukhoi, karena hanggar yang sudah ada di Skadron 14 dianggap cukup untuk menampung dua unit pesawat Sukhoi.

HARUS BACA :  Israel Tembak Jatuh Drone di Dataran Tinggi Golan
HARUS BACA :  Komisi 1 Tinjau Alutsista Lanud Supadio

“Karena kan hanya satu atau dua pesawat saja yang perlu dilakukan perawatan di hanggar. Kalau pesawat sudah siap, akan dipindah lagi ke shelter,” tuturnya. Selain membangun shelter, kata Marsma Samsul, pihaknya juga menyiapkan belasan gudang untuk menampung kiriman suku cadang dari Rusia.

“Gudang-gudang sudah kita siapkan, sudah kita kosongkan. Ada 13 gudang kami siapkan untuk menerima suku cadang dan lain-lain dari pesawat Sukhoi tersebut,” ucap Samsul. Ia mengatakan dua unit (dari seluruhnya 11 unit) pesawat tempur Sukhoi yang dibeli pemerintah RI direncanakan datang Agustus 2019.

HARUS BACA :  Big Win, Apa Fungsi Tank Aneh Amerika Ini?

Guna menyambut kedatangan pesawat tempur Sukhoi SU-35, berbagai persiapan telah dilakukan. Termasuk menyelenggarakan kursus bahasa Rusia bagi para calon ground crew pesawat Sukhoi Su-35.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Latihan Bersama Indonesia - Brunei Darussalam

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Israel Tembak Jatuh Drone di Dataran Tinggi Golan

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here