Skadron 14 Bangun Shelter untuk Sukhoi Su-35S

Skadron 14 Bangun Shelter untuk Sukhoi Su-35S

Militer.or.id – Skadron 14 Bangun Shelter untuk Sukhoi Su-35S.

Sukhoi Su-35. (photo : Dmitry Pichugin – Ministry of Defence of Russia)

Magetan, Militer.or.id – Jajaran TNI AU segera membangun shelter di Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, untuk mempersiapkan kedatangan pesawat tempur Sukhoi SU-35 yang dibeli dari Rusia, dirilis Antara, Senin, 4-9-2018.

Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Samsul Rizal di Magetan, Selasa, menyebutkan pihaknya menyiapkan pembangunan 10 shelter masing-masing berukuran 20 X 25 meter. “Kami segera membangun 10 shelter di lokasi shelter Skadron Udara 14 yang dulu digunakan untuk pesawat F-5 Tiger,” jelas Marsma Samsul.

Menurutnya, ukuran pesawat Sukhoi lebih besar dari pesawat F-5 Tiger sehingga tidak mungkin menggunaan shelter lama, dan harus membangun lagi yang baru. Sedangkan untuk hanggar, masih menurut Marsma Samsul, bisa menggunakan hanggar Skadron Udara 14 yang sudah ada.

“Untuk hanggar masih menggunakan yang lama, hanya beberapa bagian perlu dilengkapi, seperti listrik,” ujarnya. Dia memberikan alasan mengapa tidak membangun hangar baru untuk Sukhoi, karena hanggar yang sudah ada di Skadron 14 dianggap cukup untuk menampung dua unit pesawat Sukhoi.

“Karena kan hanya satu atau dua pesawat saja yang perlu dilakukan perawatan di hanggar. Kalau pesawat sudah siap, akan dipindah lagi ke shelter,” tuturnya. Selain membangun shelter, kata Marsma Samsul, pihaknya juga menyiapkan belasan gudang untuk menampung kiriman suku cadang dari Rusia.

“Gudang-gudang sudah kita siapkan, sudah kita kosongkan. Ada 13 gudang kami siapkan untuk menerima suku cadang dan lain-lain dari pesawat Sukhoi tersebut,” ucap Samsul. Ia mengatakan dua unit (dari seluruhnya 11 unit) pesawat tempur Sukhoi yang dibeli pemerintah RI direncanakan datang Agustus 2019.

Guna menyambut kedatangan pesawat tempur Sukhoi SU-35, berbagai persiapan telah dilakukan. Termasuk menyelenggarakan kursus bahasa Rusia bagi para calon ground crew pesawat Sukhoi Su-35.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *