Militer.or.id – Wow, ASEAN-China Segera Latihan Militer Bersama.

ilustrasi: Destroyer Shenyang China (DDG-115) (photo: Vitaliy Ankov – RIA Novosti via commons.wikimedia.org)

Beijing, Militer.or.id – Perhimpunan bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan China akan menggelar pelatihan militer bersama di perairan laut wilayah selatan daratan Tiongkok, dirilis Antara, 4-9-2018.

Menurut rencana, pelatihan di dekat kota Zhanjiang, Provinsi Guangdong, itu dilaksanakan pada akhir Oktober 2018. Pelatihan itu dilakukan dalam dua tahap, kata pernyataan juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional China, Wu Qian seperti dikutip laman resmi Pemerintah Kota Zhanjiang pada Selasa, 4-9-2018.

Pelatihan tahap pertama telah digelar di Pangkalan Angkatan Laut Singapura di Changi pada 2-3 Agustus 2018. Tahap kedua dilaksanakan pada Oktober 2018, dengan 10 negara anggota ASEAN melakukan pelatihan bersama China, terutama dalam menerapkan aturan pertempuran laut tidak terencana, termasuk pencarian dan penyelamatan (SAR) korban di perairan.

Pelatihan itu juga meliputi formasi manuver, komunikasi, operasi SAR bersama, dan pendaratan helikopter di beberapa kapal peserta pelatihan. Pelatihan tersebut adalah hasil kesepakatan Menteri Pertahanan ASEAN dan China dalam kerangka peningkatan kerja sama keamanan dan pertahanan serta rasa saling percaya.

Wu Qian mengharapkan pelatihan ini mempererat kemitraan China dengan negara anggota ASEAN, meningkatkan kerja sama pengamanan bahari, dan menambah kemampuan dalam menghadapi berbagai jenis ancaman keamanan.

China dan beberapa negara anggota ASEAN, yakni Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei, masih terlibat sengketa wilayah di perairan Laut China Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here