Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pesawat Tempur Rusia dan Suriah Gempur Kota di Idlib

Militer.or.id – Pesawat Tempur Rusia dan Suriah Gempur Kota di Idlib.

Ilustrasi: Sukhoi Su-34 Rusia. (photo Anna Zvereva via Commons Wikipedia.)

Amman, Jakartagreater – Pesawat tempur Rusia dan Suriah menggempur kota di Provinsi Idlib, yang dikuasai oposisi, pada Sabtu 8-9-2018, sehari setelah pertemuan puncak presiden Turki, Rusia dan Iran gagal menyepakati gencatan senjata, yang akan mencegah serangan dukungan Rusia. Dirilis Antara pada Sabtu 8-9-2018.

Saksi dan penolong mengatakan sedikit-dikitnya puluhan serangan udara menghantam sejumlah desa dan kota di bagian selatan Idlib dan kota Latamneh di bagian Utara Hama, tempat pemberontak masih berkuasa.

Helikopter Suriah menjatuhkan bom berisi peledak di atas rumah warga di pinggiran kota Khan Sheikhoun, kata 2 warga dari kawasan di bagian Selatan Idlib. Tiga warga tewas di desa Abdeen di bagian selatan Idlib, kata sumber pertahanan sipil.

Pertemuan puncak pada Jumat 7-8-2018 menitikberatkan pada operasi militer yang akan dilakukan di Idlib, benteng besar dan terakhir oposisi yang aktif di Suriah menentang Presiden Bashar al-Assad.

Presiden Turki Tayyip Erdogan mendesak gencatan senjata dalam pertemuan puncak tersebut tetapi Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan gencatan senjata tak berarti karena tidak melibatkan kelompok-kelompok militan Islamis penentang Bashar dan sekutunya yang disebut teroris.

Teheran dan Moskow telah membantu Bashar membalik arah perang melawan para penentang mulai dari para pemberontak dukungan Barat hingga para militan Islamis, sementara itu Turki merupakan pendukung oposisi terkemuka dan memiliki tentara di negara tersebut.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengkhawatirkan serangan berskala penuh menyebabkan bencana kemanusiaan, yang melibatkan puluhan ribu warga.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *