Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Prancis Jual 2 Mirage 2000 Bekas ke India

Militer.or.id – Prancis Jual 2 Mirage 2000 Bekas ke India.

Jet tempur Dassault Mirage 2000 Angkatan Udara India © US Air Forces via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Mencari untuk meningkatkan armada jet tempur Mirage 2000, India mendapatkan dua jet tempur bekas seharga € 2 juta per unit dari Perancis. Kedua jet tempur tersebut kemudian akan ditingkatkan ke standar tertinggi oleh HAL, seperti dilansir dari laman My Nation.

Prancis menawarkan pesawat bekas itu dengan harga € 2 juta per unit dan biaya angkut kedua pesawat tersebut ke India adalah € 1 juta. Jadi, totalnya adalah € 5 juta. India akan mendapatkan dua unit Dassault Mirage 2000 dengan 3.000 jam terbang lagi, kata sumber-sumber pemerintah.

Kedua pesawat juga akan menggunakan kit upgrade yang telah dipesan dalam kontrak upgrade Mirage 2000 dengan Prancis. India memiliki 51 unit armada Mirage namun jumlah itu telah turun menjadi 49 setelah dua pesawat musnah dalam kecelakaan pada tahun 2012-2013. Dua Mirage yang berasal dari Prancis itu akan membantu membuat kekuatan armada kembali menjadi 51 unit.

India juga akan mendapatkan armada 32 pesawat Jaguar, yang seharusnya digunakan sebagai suku cadang untuk mendukung armada jet tempur Jaguar yang ada saat ini di Angkatan Udara India (IAF).

Armada 100 unit jet tempur Jaguar IAF juga akan membantu dalam mempertahankan tingkat kekuatan dan melawan keterlambatan dalam pengadaan jet tempur generasi 4+ Rafale karena Kongres menghambat pengambilan keputusan.

Dassault Aviation sudah mengirimkan proposal pada Tender IAF untuk pengadaan 110 unit jet tempur dan juga telah menanggapi persyaratan Angkatan Laut India untuk 57 jet tempur Rafale berbasis kapal induk.

Jet tempur Rafale pertama saat ini akan melalui integrasi di Prancis dan para teknisi serta insinyur India saat ini sedang menjalani pelatihan di Prancis untuk melantik jet tersebut pada bulan September 2019.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *