Trump: Raja Salman Tidak Akan Bertahan Tanpa Dukungan AS

Militer.or.id – Trump: Raja Salman Tidak Akan Bertahan Tanpa Dukungan AS.

Doc, US President Donald Trump, left and Saudi Arabia’s King Salman bin Abdulaziz al-Saud, commons wikipedia,org

Southaven, Militer.or.id – Presiden Donald Trump membuat keterangan tidak diplomatis mengenai Arab Saudi, sekutu dekatnya, pada Selasa 3-10-2018, dengan menyatakan ia memperingatkan Raja Salman dari Arab Saudi, dia akan berkuasa “selama dua pekan” tanpa dukungan militer AS, diirilis Antara.

“Kami melindungi Arab Saudi. Apakah Anda akan katakan mereka kaya. Saya mincintai raja itu, Raja Salman. Tetapi saya katakan, ‘Raja, kami melindungi Anda. Anda mungkin tidak lagi di sana 2 minggu tanpa kami. Anda harus bayar untuk militer Anda’,” kata Trump di hadapan khalayak, yang bersorak di rapat umum di Southaven, Mississippi.

HARUS BACA :  Komandan: Militer Iran Segera Akuisisi Tank "Karrar"

Trump tidak mengatakan kapan dia membuat keterangan itu kepada Raja Arab Saudi. Kendati mengeluarkan kata kasar, pemerintahan Trump menjalin hubungan erat dengan Arab Saudi, yang dipandangnya sebagai benteng terhadap ambisi Iran di wilayah itu.

Trump pergi ke Arab Saudi sebagai negara pertama yang ia singgahi dalam lawatan perdana internasional sebagai presiden pada tahun lalu. Trump menghubungi Raja Salman pada Sabtu 29-9-2018 dan mereka membahas usaha untuk menjaga pemasokan guna menjamin stabilitas pasar minyak dan pertumbuhan ekonomi global, demikian kantor berita Saudi SPA melaporkan.

HARUS BACA :  Pembangunan Sarana dan Prasara Akademi Angkatan Laut
HARUS BACA :  Pilot Armada Utara Rusia Survei Es Arktik untuk Atur Rute Laut

Arab Saudi merupakan eksporter minyak terbesar dunia dan pemimpin “de facto” OPEC, yang telah dikecam Trump akibat harga tinggi minyak. Ketika berpidato di sidang Majelis Umum PBB di New York bulan lalu, Trump mengatakan para anggota OPEC merobek bagi lain dunia.”

“Kami bela banyak negara ini untuk tidak memperoleh apa-apa, dan kemudian mereka mengambil untung dari kami dengan memberi kami harga minyak tinggi. Ttidak baik. Kami ingin mereka menghentikan menaikkan harga, kami inginkan mereka menurunkan harga,” kata Trump.

Trump juga menekan sekutu-sekutu lain AS seperti Jepang, Korea Selatan dan Jerman, untuk menanggung lagi beban keuangan dari pertahanan mereka. Kerajaan Arab Saudi merayakan hari ulang tahun ke-88 tahun ini. Kedutaan besarnya di Jakarta merayakan hari nasional itu Senin malam 24-9-2018.

HARUS BACA :  Panglima TNI: Semua Pulau Terluar Akan Dijadikan Seperti Kapal Induk

“Malam ini merupakan kebahagiaan sekaligus kehormatan bagi saya atas nama Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia memperingati HUT Kerajaan Arab Saudi yang jatuh pada 23 September,” ujar Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi di Jakarta, Senin malam.

HARUS BACA :  India Beli 4 Fregat Rusia Seharga $ 3 Miliar

Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi mengatakan, adalah penghormatan bagi dirinya untuk memberikan penghargaan atas pencapaian luar biasa dalam hubungan Indonesia dengan Arab Saudi.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Irak Telah Peroleh Enam T-50 Golden Eagle

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here