Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Presiden Joko Widodo Berterima Kasih kepada TNI – Militer.or.id

Militer.or.id – Presiden Joko Widodo Berterima Kasih kepada TNI – Militer.or.id.

Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan ke-73 Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2018 di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, 5/10/2018. (credit: Sekretaris Kabinet RI)

Jakarta, Militer.or.id  – Presiden Joko Widodo atas nama rakyat Indonesia menyatakan berterima kasih kepada TNI yang telah dengan cepat dan sigap membantu korban bencana, dirilis Antara, Jumat 5 Oktober 2018.

“Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran TNI yang telah dengan cepat, dengan sigap dengan tulus hati membantu korban bencana,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin Upacara Peringatan Ke-73 Hari TNI Tahun 2018 pada Jumat 5 Oktober 2018 di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Presiden Joko Widodo menilai darmabakti prajurit TNI sungguh membanggakan rakyat Indonesia. TNI bersama Polri kata Presiden, selalu terdepan menyelamatkan dan evakuasi, TNI selalu memegang peran sentral dalam memberikan pelayanan kesehatan dan rekonstruksi. Selain itu, ia menambahkan, TNI dan Polri selalu yang tercepat dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat yang dilanda bencana.

Menurut Presiden Joko Widodo, apa yang telah dilakukan para prajurit TNI dalam penanganan bencana dan berbagai bentuk lain merupakan salah satu wujud profesionalisme TNI untuk rakyat yang dijadikan tema HUT Ke-73 TNI tahun ini.

“Sebagai cerminan jati diri tentara rakyat tentara pejuang tentara nasional dan tentara profesional. Saya tidak pernah bosan untuk selalu mengingatkan pesan Jenderal Besar Soedirman tentang jati diri TNI bahwa politik tentara adalah politik negara dan loyalitas tentara adalah loyalitas untuk kepentingan bangsa dan negara,” kata Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo juga selalu menegaskan TNI adalah milik masyarakat secara nasional yang berada di atas semua golongan yang tidak terkotak-otak oleh kepentingan politik yang sempit. TNI juga selalu menjamin netralitas politik di era demokrasi seperti sekarang, selalu menjamin keutuhan nilai nasional, dan membangun persatuan dan solidaritas antar anak bangsa.

“TNI harus memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai kekuatan dasar dalam mewujudkan sistem pertahanan semesta TNI harus makin maju dan profesional serta TNI bersinergi dengan seluruh komponen bangsa,” ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo menegaskan, Sumpah Prajurit yang diikrarkan serta Sapta Marga yang dijanjikan oleh prajurit TNI adalah pondasi moral yang kokoh bagi dedikasi anggota TNI untuk bangsa dan negara itu.

“Untuk membangun profesionalisme TNI untuk kebanggaan dan kejayaan negeri pondasi itulah yang harus dipegang teguh oleh institusi TNI dan oleh prajurit TNI yang membuat Indonesia kokoh berdiri menghadapi gelombang zaman yang sering bergejolak, bergolak yang memperkokoh Indonesia dalam menghadapi dan memenangi persaingan global,” katanya.

Dalam peringatan HUT Ke-73 TNI, Presiden Joko Widodo merasa bangga dapat menyaksikan?peran besar TNI dalam sejarah kemerdekaan dan dengan penuh percaya diri. TNI akan semakin disegani oleh negara-negara lain.

“Dan dengan penuh keyakinan saya mengatakan selalu terbukti TNI selalu yang pertama dan terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI dan dalam membantu masyarakat dalam menghadapi bencana alam di NTB, di Sulawesi Tengah, dan di tempat lain di negara kita Indonesia,” ujar Presiden Joko Widodo.

TNI, kata Presiden Joko Widodo, telah mengerahkan personel dan alutsista guna membantu penanganan bencana. Pada kesempatan yang sama, ia mengajak hadirin untuk memanjatkan doa agar?para korban bencana diberikan tempat terbaik di sisi yang Maha Kuasa dan semoga korban yang luka segera diberikan kesembuhan.

Presiden yang mengenakan setelah jas warna biru gelap didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang mengenakan kebaya warna ungu.

Kedatangan Presiden Joko Widodo disambut oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Thajanto, S.I.P., didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., S.Sos.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *