Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Ilmuwan India Ditangkap, “Bocorkan” Data Rahasia BrahMos – Militer.or.id

Militer.or.id – Ilmuwan India Ditangkap, “Bocorkan” Data Rahasia BrahMos – Militer.or.id.

Kendaraan peluncur rudal BrahMos dalam parade militer Januari 2018 di India © Dephan India via Wikimedia Commons

Militer.or.id – BrahMos adalah perusahaan patungan antara Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) India dan NPO Mashinostroyenia (NPOM) Rusia dan dianggap sebagai rudal jelajah tercepat di dunia hingga saat ini, seperti dilansir dari laman Sputnik.

Otoritas India, pada hari Senin, telah menangkap seorang ilmuwan yang bekerja di Pusat Penelitian Rudal BrahMos yang didanai oleh negara (BMRC) dan berada di kota sebelah barat, Nagpur karena “membocorkan” informasi sensitif tentang rudal jelajah supersonik berkekuatan-nuklir BrahMos kepada Pakistan.

Nishant Agarwal dipekerjakan di pusat penelitian rudal dekat Nagpur selama empat tahun terakhir. Dia tertangkap dalam sebuah operasi gabungan yang dilaksanakan oleh Satuan Anti-Teroris Uttar Pradesh (ATS) dan Intelijen Militer.

Agrawal diduga telah memberikan informasi yang sangat rahasia kepada Intelijen Pakistan yakni Inter-Services dan sejumlah negara lainnya.

“Informasi yang sangat sensitif ditemukan di komputer pribadinya. Kami juga menemukan bukti dia mengobrol di Facebook dengan orang yang berbasis di Pakistan”, kata Aseem Arun, pejabat senior Kepolisian Uttar Pradesh.

Sumber mengatakan kepada Sputnik bahwa dalam dua hari terakhir, sejumlah mata-mata lainnya telah berhasil ditangkap oleh intelijen militer India, termasuk yang terkait dengan militer di kanton Meerut. Sementara itu di Kanpur, dua pejabat dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) milik negara telah ditanyai karena dicurigai menjadi mata-mata asing.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *