Australia Ingin Kembangkan Pangkalan Angkatan Laut Bersama di PNG – Militer.or.id

Australia Ingin Kembangkan Pangkalan Angkatan Laut Bersama di PNG – Militer.or.id

Militer.or.id – Australia Ingin Kembangkan Pangkalan Angkatan Laut Bersama di PNG – Militer.or.id.

HMAS Rankin (SSG 78) Royal Australian Navy. (credit: U.S. Navy photo by Lt. Cmdr. Cheryl Collins)

Jakartagreater.com – Laporan terbaru yang keluar dari Australia menunjukkan bahwa pemerintah Australia semakin dekat untuk menyelesaikan kesepakatan dengan Papua Nugini untuk mengembangkan pangkalan angkatan laut bersama permanen di Lombrum di Pulau Manus, dirilis Sputniknews.com, 26/10/2018.

Pangkalan Angkatan Laut Lombrum pertama kali didirikan oleh Amerika Serikat pada tahun 1944 setelah pasukan Jepang dipindahkan dari pulau itu. Basis yang dibangun AS termasuk dermaga dan landasan setinggi 9.000 kaki. Meskipun pangkalan itu kemudian diambil alih oleh Australia, akhirnya diberikan kepada Papua Nugini setelah menjadi negara merdeka pada tahun 1975.

Dalam beberapa bulan terakhir, telah dilaporkan oleh berbagai outlet di Land Down Under, termasuk Australian Associated Press, bahwa pejabat pertahanan Australia dikerahkan ke Pulau Manus untuk suatu “scoping visit,” menurut Guardian.

Kunjungan itu dikatakan telah berlangsung antara 28 Agustus dan 30 Agustus setelah Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill menyatakan minatnya dalam ingin membangun kembali pangkalan angkatan laut bersama Canberra.

Menurut Menteri Pertahanan Australia Greg Moriarty, biaya pengembangan akan diambil oleh kedua negara, dengan porsi yang lebih besar ditempatkan pada pemerintah Australia.

“Harapan saya adalah bahwa jika pemerintah Australia menyetujui sesuatu seperti itu, kami akan mengambil bagian terbesar dari pendanaan,” Moriarty, berbicara kepada anggota komite pada sidang Senat Australia baru-baru ini, mengatakan.

“Tapi PNG akan memberikan kontribusi, seperti yang sudah mereka lakukan, untuk pemeliharaan dan keberlangsungan basis itu.”

Menurut Australian Associated Press, Australia telah menghabiskan sekitar $ 5 juta untuk memperbarui dermaga di pangkalan tersebut. Dana tersebut merupakan tambahan empat kapal patroli yang diharapkan akan diberikan ke Papua Nugini.

Namun, laporan tentang masa depan pangkalan itu juga telah dipertentangkan oleh para pejabat pertahanan di Papua Nugini. Gilbert Toropo, komandan Pasukan Pertahanan Papua New Guinea, mengatakan kepada Australian Associated Press bahwa tidak ada diskusi saat ini berlangsung dengan kekuatan pada pembangunan pangkalan baru.

Pangkalan angkatan laut gabungan itu, yang mungkin menjadi rumah kapal perang AS di lain waktu, dianggap sebagai aset strategis untuk mencegah Cina merebut “bagian penting dari real estat,” menurut situs web militer Stars And Stripes. Jika dan ketika kapal AS menjadi faktor di Lombrum, telah disarankan bahwa fasilitas tersebut dapat digunakan untuk mendukung operasi amfibi yang dilakukan oleh Marinir AS.

Analis pertahanan AS Paul Buchanan mengatakan kepada publikasi Jumat bahwa pangkalan angkatan laut dapat dengan mudah digunakan sebagai sarana untuk mengawasi Cina dan melacak kapal selamnya, yang bisa segera melihat peningkatan dalam jumlah.

Kesepakatan itu bisa diselesaikan menjelang KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik pada pertengahan November, menurut The Diplomat.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *