Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Seminar Penataan Wilayah Pertahanan di Indonesia Wilayah Barat

Seminar penataan wilayah pertahanan untuk mendukung operasi gabungan TNI di wilayah Indonesia Barat
Seminar penataan wilayah pertahanan untuk mendukung operasi gabungan TNI di wilayah Indonesia Barat (Kemhan)

Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar litbang Penataan wilayah pertahanan untuk mendukung operasi gabungan TNI di wilayah Indonesia Barat, yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Dilansir dari laman Kemhan (7/ 11), Kabalitbang Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan mengatakan, bahwa pembangunan masyarakat mencakup pembangunan kesejahteraan dan pertahanan serta keamanan.

Pembangunan dan pengembangan wilayah pertahanan harus tertuang di dalam RT/ RW Nasional, maupun daerah oleh karenanya pemerintah atau pemerintah daerah wajib menyediakan lahan untuk pembangunan dan pengembanghan wilayah pertahanan, sedangkan penyediaan lahan untuk wilayah pertahanan dilakukan atas usul Menteri.

Lebih lanjut Kabalitbang menjelaskan, bahwa salah satu bentuk OMP maupun OMSP yang biasa dilakukan adalah operasi gabungan TNI yaitu operasi yang dilakukan oleh dua angkatan atau lebih dibantu oleh operasi lainnya sesuai dengan kebutuhan di bawah satu komando untuk melindungi kepentingan nasional.

Keberhasilan operasi gabungan TNI ditentukan oleh berbagai faktor yaitu, kesiapan alut sista TNI, sarana dan prasarana pendukung operasi serta dukungan dari semua elemen masyarakat

INDONESIAMiliterMiliter Indonesia

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *