China Promosikan Sistem Pertahanan Udara FM-90

Militer.or.id – Sistem pertahanan udara jarak pendek CNPMIEC FM-90 membuat debut publik yang langka di ajang China AirShow 2018. Sebuah salinan reverse engineer dari sistem pertahanan udara Crotale Prancis, yang disebut sebagai FM-90 ini beroperasi dengan Angkatan Bersenjata PLA dan juga Pakistan, seperti dilansir dari laman media Army Recognition.

FM-90 (varian ekspor), disebut sebagai HQ-7B untuk pasar China, adalah sistem senjata rudal pertahanan udara jarak pendek canggih yang diproduksi oleh CNPMIEC. FM-90 ini adalah sistem rudal permukaan-ke-udara yang digunakan pada lokasi-lokasi penting dan medan pertempuran pertahanan udara terhadap target udara yang terbang di ketinggian rendah atau sangat rendah.

Sistem pertahanan udara jarak pendek Crotale buatan Prancis © Wikimedia Commons

Sistem FM-90 menggunakan radar canggih dan sensor opto-elektronik dikombinasikan dengan teknologi untuk deteksi dan bimbingan, memiliki kinerja intersepsi diketinggian rendah yang sangat baik dan kemampuan anti-jamming yang kuat.

HARUS BACA :  Almaz-Antey Ungkap Detail Sistem Rudal Viking Baru
HARUS BACA :  Batalkan Penjualan Senjata ke Arab Itu Bodoh, Hanya Untungkan Rusia dan China

FM-90 alias HQ-7B adalah varian upgrade dari sistem HQ-7 atau FM-80 dilengkapi misil yang lebih cepat dan jangkauan yang lebih panjang. Rudal terbarunya juga menampilkan kamera pelacak IR. Ini memiliki jangkauan efektif antara 0,7 hingga 15 km,  tergantung pada target.

Sistem ini tidak hanya dapat secara efektif menghancurkan senjata berpemandu presisi seperti rudal jelajah, rudal udara-ke-darat taktis, beserta rudal anti-radiasi, tetapi juga mencegat pesawat pembom-tempur, pesawat penyerang, UAV dan helikopter bersenjata.

HARUS BACA :  DPR RI Minta Anggaran TNI untuk 2018 Ditambah

HARUS BACA :  Makin Gahar, Tank T-14 Akan Miliki Proyektil Berkode

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Pilot Su-35S Rusia Berlatih Eliminasi Rudal Jelajah

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here