Rusia Terbukti Masih Gunakan RPK-6, Senjata Anti-Kapal Aneh Era Soviet

Rusia Terbukti Masih Gunakan RPK-6, Senjata Anti-Kapal Aneh Era Soviet

Rusia baru-baru ini mengakhiri serangkaian latihan di Laut Barents, yang terletak di Lingkaran Arktik. Lokasi latihan sangat berdekatan dengan wilayah yang digunakan NATO untuk menggelar latihan Trident Juncture yang juga telah berakhir.

Kremlin sempat membuat kecemasan dengan memperingatkan pilot sipil dan pelaut di daerah itu bahwa mereka akan menembakkan misil yang tidak ditentukan jenisnya. Kini kita tahu bahwa peluncuran rudal anti-kapal selam yang diluncurkan dengan sistem torpedo yang tidak biasa yang dikenal sebagai RPK-6 Vodopad atau Waterfall (Air Terjun).

Pada 15 November 2018, Kementerian Pertahanan Rusia merilis sebuah video yang menunjukkan battlecruiser nuklir kelas Kirov, Pyotr Velikiy, atau Peter the Great, menembakkan beberapa RPK-6 era Soviet yang oleh NATO disebut sebagai SS-N-16 Stallion. Kapal selam bertenaga nuklir yang tidak disebutkan namanya juga dilaporkan terlibat dalam latihan khusus ini.

Latihan ini menawarkan kepada kedua kapal kesempatan untuk mencoba mencari dan melakukan simulasi serangan terhadap satu sama lain. Sayangnya, itu tidak disebutkan apakah Pyotr Velikiy atau kapal selam mencetak “kill” terbanyak terhadap yang lain.

Battlecruiser memiliki sejumlah opsi untuk melawan ancaman bawah air, termasuk peluncur roket anti-kapal selam 254mm dan 305mm yang dapat mengirim sejumlah bom kedalaman atau umpan anti-torpedo ke air di sekitar kapal.  Kapal juga memiliki 10 tabung torpedo 553mm.

Tabung 553mm  ini juga dapat menembakkan RPK-6 yang pertama kali memasuki layanan pada tahun 1981. Tidak seperti peluncur rudal konvensional, udara dingin yang dimampatkan meluncurkan apa yang disebut Rusia sebagai “rudal torpedo ” keluar dari tabung torpedo dan ke dalam air.

Setelah berlayar menjauh dari kapal untuk jarak jauh di bawah air, motor roket menyala dan mengirimkannya terbang kembali ke udara untuk meneruskan perjalanannya.

Senjata ini memiliki sistem panduan navigasi inersia untuk membawanya ke area target yang berjarak lebih dari 60 mil. Ketika sampai di sana, rudal melepaskan muatannya. Selama latihan di Laut Barents, muatan tersebut adalah torpedo ringan 400mm.

Namun, Uni Soviet semula merancang senjata itu untuk juga dapat membawa bom nuklir kedalaman. Opsi itu akan membuat jauh lebih sulit bagi target untuk melarikan diri. Jarak stand-off RPK-6 juga akan membantu melindungi kapal yang meluncurkan efek dari ledakan nuklir.

Rusia juga memiliki versi sistem peluncuran kapal selam yang dikenal sebagai RPK-7 Veter yang bekerja dengan tabung torpedo 650mm, tetapi  memiliki karakteristik dasar yang sama. NATO tetap menyebut varian ini sebagai SS-N-16.

Kedua varian menggantikan sepasang sistem peluru kendali torpedo tabung-torpedo sebelumnya digunakan oleh kapal-kapal permukaan dan kapal selam, yang dikenal hanya sebagai RPK-2 Vyuga atau Blizzard yang disebut NATO sebagai SS-N-15 Starfish.

Konfigurasi yang diluncurkan kapal selam bisa disebut sebagai analog roket kapal selam atau Submarine Rocket (SUBROC) UUM-44 dengan Angkatan Laut Amerika era Perang Dingin atau yang juga membawa muatan bom nuklir kedalaman.

Ada juga RUR-5 Anti-Submarine Rocket (ASROC) yang diluncurkan kapal permukaan, tetapi ini sama sekali tidak mirip dengan sistem peluncuran tabung torpedo yang mengirim misil berenang di air sebelum meledak.

Angkatan Laut Amerika mempensiun SUBROC pada tahun 1989. Pada tahun yang sama mereka juga menghentikan pengerahan kapal dengan ASROC bersenjata nuklir dan mulai membawa torpedo ringan konvensional saja.

Pada 1990-an, US Navy mulai menggantikan RUR-5 dengan RUM-139 Vertical Launch ASROC, atau VL-ASROC, yang cocok di dalam sel Sistem Peluncur Vertikal Mk 41.

Meskipun RPK-6 terlihat aneh, sebenarya tidak mengherankan Rusia masih memiliki senjata ini.  RPK-6 menawarkan senjata anti-kapal selam fire and forget untuk hampir semua kapal dengan tabung torpedo 533mm.

Hal ini pada gilirannya, menawarkan dorongan besar dalam persenjataan bahkan untuk kapal-kapal kecil tanpa kebutuhan untuk menemukan ruang dan kekuatan  untuk menambahkan sistem peluncuran vertikal yang rumit atau bahkan peluncur rudal yang dipasang di  dek.

Ada juga turunan, RU-100, juga dikenal sebagai SS-N-16A, yang membawa hulu ledak  konvensional dan berfungsi dengan cara yang sama seperti rudal jelajah anti-kapal.  Kemungkinan rudal ini memiliki radar pencari untuk mendeteksi dan mengunci targetnya pada tahap akhir penerbangan.  Ini menambah lebih banyak fleksibilitas pada tabung torpedo 533mm standar yang ditemukan di berbagai kapal Rusia.

Keluarga SS-N-16 juga terkait dengan rudal anti-kapal selam 91RE1 yang diluncurkan kapal selam, anggota dari keluarga rudal jelajah Kalibr, yang menggunakan roket pendorong yang sama dan membawa torpedo ringan sebagai gantinya. Ada turunan peluncuran vertikal dari rudal itu, 91RTE2, yang lebih merupakan analog RUM-139 Amerika juga.

Pyotr Veliky

Pyotr Velikiy akan melakukan reparasi besar di tahun-tahun mendatang, yang kemungkinan akan terjadi setelah kapal adiknya, Admiral Nakhimov, satu-satunya kapal kelas Kirov lainnya yang dijadwalkan untuk diaktifkan kembali. Pemeriksaan Nakhimov telah ditunda beberapa kali dan Angkatan Laut Rusia tidak berharap untuk membawanya kembali dari Sevmash Shipyard hingga antara 2021 dan 2022.

Upgrade termasuk penghapusan P-700 Granit atau SS-N-19, rudal anti-kapal, dan penambahan susunan sistem peluncuran vertikal baru yang dapat menembakkan rudal jelajah darat Kal51, rudal antikapal supersonik P-800 Oniks  dan rudal anti-kapal hypersonic 3M22 Zircon. Kapal-kapal itu juga akan mendapatkan S-400.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *