“Tanpa Sengaja” Rusia Ungkap Desain Pesawat Generasi Ke-6

Jet tempur generasi kelima Su-57 Rusia © Moscow Times

Militer.or.id – Saluran televisi asal Rusia, yakni TV Zvezda “secara tak sengaja” telah menampilkan model rahasia jet tempur hipersonik generasi keenam Rusia, dalam liputan yang disiarkan pada hari Minggu.

Dalam siaran langsung oleh saluran TV Zvezda tersebut mengenai jet tempur siluman generasi kelima Su-57 Rusia, terungkap model jet tempur hipersonik modern generasi keenam buatan Rusia yang kemungkinan sebagai versi tanpa awak.

Jet tempur generasi keenam Rusia tak sengaka terekspos © tvzvezda.ru

Jet tempur generasi keenam Rusia memiliki kecepatan hipersonik, dengan penerbangan perdana dijadwalkan pada tahun 2025 seperti diberitakan oleh TASS pada 09 Juni 2016 yang lalu dimana mengutip kepala direktorat program pesawat militer, United Aircraft Corporation (UAC) Vladimir Mikhailov.

“[prototipe] itu akan mengudara, seperti yang kita rencanakan, tidak lebih dari dua atau tiga tahun setelah 2020”, sebut Mikhailov.

United Aircraft Corporation (UAC) diharapkan untuk segera menerbangkan pesawat hipersonik “generasi keenam” sebelum tahun 2025. Mikhailov menyatakan bahwa saat ini sedang dalam penelitian dan pengembangan, termasuk rekayasa desain.

Desain jet tempur generasi keenam Rusia memiliki ekor seperti merpati atau pigeon © tvzvezda.ru

Ahli militer menunjukkan bahwa proyek jet tempur hipersonik baru itu disebut sebagai “Pigeon” alias “Merpati”, karena terdapat kesamaan desain pada bagian ekornya.

HARUS BACA :  Pangdivif 2 Kostrad Tinjau Latihan Terjun Yonif PR 503
HARUS BACA :  KC-30 Aircrew Training Reaches a Constant State

Jet tempur baru generasi ke-6 Pigeon akan memiliki ekor kembar berukuran besar yang memungkinkannya menggunakan “gelombang kejut” atau “shockwaves” sendiri untuk meningkatkan daya angkatnya (lift) dan mengurangi hambatan (drag).

Jet tempur hipersonik generasi keenam Rusia yang belum memiliki nama tersebut akan mengalahkan rekor kecepatan dan melakukan perjalanan lima kali lebih cepat daripada kecepatan suara, diperkirakan antara 5 – 6 Mach. Sangat mungkin, kecepatan jelajah jet tempur masa depan itu akan sama dengan kecepatan afterburning jet tempur saat ini, yakni antara 1,5 – 2.0 Mach.

Desain jet tempur MiG-37B Ferret E Rusia © Italeri

Jenis mesin yang akan digunakan masih belum diketahui, termasuk berapa kecepatan maksimum yang dimilikinya ataupun berapa jauh jangkauannya. Para pejabat menolak berkomentar tentang gambar model pesawat tempur baru itu.

HARUS BACA :  6 Kemampuan World's Most Advanced Fighter Jet, F-35
HARUS BACA :  Bakamla RI -Tim Sar Gabungan Lanjutkan Pencarian Kapal Yora Tiga

Namun sejumlah sumber melaporkan bahwa foto ini hanyalah kampanye disinformasi Rusia atau sekedar lelucon dari sektor militer Rusia karena model dalam siaran “tanpa sengaja” itu kemungkinan adalah desain skala 1:72 dari Mig-37B “Ferret” E atau model plastik dengan skala 1:48 Mig- 37 Testors.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here