Angola Menerima 4 Unit Su-30KN Eks Angkatan Udara India

Jet tempur Su-30KN Angkatan Udara Angola (KANA) © Dmitriy Berdasov via IDRW

Militer.or.id – Empat jet tempur Sukhoi Su-30, yang sebelumnya diterbangkan oleh Angkatan Udara India dan dikembalikan ke Rusia pada awal dekade ini, sekarang telah di upgrade menjadi standar Su-30KN serta dikirimkam ke Angola pada bulan Oktober tahun ini, seperti dilansir dari laman Bellingcat.

Pesawat-pesawat tersebut adalah bagian dari kesepakatan 12 unit jet tempur seharga $ 1 miliar termasuk upgrade ke standar KN di Belarusia, tulis Bellingcat, dan berdasarkan citra satelit dari bandara sipil-militer Lubango di provinsi Huila.

HARUS BACA :  Korea Selatan: Senjata Baru Korea Utara Kemungkinan Rudal Jarak Pendek
HARUS BACA :  Ukraina Melihat Peluang Pertumbuhan Pasar Alutsista Indonesia

Jet tempur Su-30K adalah bekas jet tempur Angkatan Udara India, yang telah memesan lebih dari 200 Su-30MKI dalam sejumlah batch.

Citra satelit Skysat pada 20 Oktober 2018 menunjukkan 2 Su-30KN parkir di Lubango © Skysat

Model awal yang dikirimkan adalah jet tempur Su-30 dasar tanpa fitur seperti canards dan kendali thrust vector yang berjumlah 18 unit model awal dengan rincian sepuluh unit Su-30MK dan delapan unit Su-30K yang dikirim antara Mei 1997 dan Desember 1999 yang telah dikembalikan ke Rusia dan diganti dengan Su-30MKI yang lebih maju.

HARUS BACA :  Rusia Kembangkan Pesawat Tempur Take-off Vertikal

Angkatan Udara Angola saat ini menerbangkan sekitar 6 unit jet tempur Su-27, dari 18 yang semula dikirim. Mereka juga memiliki jet tempur Sukhoi lain dalam inventarisnya, terutama Su-22 dan Su-24.

HARUS BACA :  Korea Selatan: Senjata Baru Korea Utara Kemungkinan Rudal Jarak Pendek

Lebih dari separuh pesanan jet tempur Su-30KN Angola tetap berada di Belarusia pada bulan Oktober 2018, kemungkinan besar penyebabnya karena keterbatasan anggaran.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here