Saingi F-16 Viper Taiwan, China Upgrade J-10

J-10 Angkatan Udara China (foto : Wikipedia)

Taiwan baru saja menerima pesawat tempur F-16 Viper (upgrade) dari AS. F-16 A/B upgrade setara Viper merupakan program modernisasi seluruh armada 143 unit F-16A / B selama lima tahun kedepan.

Upgrade mencakup radar active electronically scanned array (AESA), avionik yang sepenuhnya digital, komputer misi baru, perangkat peperangan elektronik, dan setidaknya dua kali kemampuan kesadaran situasional bila dibandingkan F-16 A / B. Diharapkan tahun depan Taiwan kembali menerima 28 pesawat tempur F-16 setara Viper.

HARUS BACA :  Rusia Sedang Kembangkan Pesawat VTOL

Ditempat lain, dilaporkan Angkatan Udara China akan memasangkan radar AESA mutakhir pada pesawat tempur J-10C dan J-20 dalam rencana untuk menyaingi pesawat tempur F-16 V milik Taiwan pada tahun 2023.

J-10 adalah pesawat tempur multirole ringan yang mampu beroperasi di semua cuaca yang diperkenalkan pada tahun 2006, sedangkan J-10C adalah versi upgrade dilengkapi dengan radar AESA serta rudal terbaru PL-10 dan PL-15.

Angkatan Udara China mungkin sudah memiliki lebih banyak pesawat tempur J-10 daripada F-16 Taiwan dan setelah peningkatan, China akan memiliki lebih banyak pesawat tempur dengan radar AESA daripada Taiwan.

HARUS BACA :  Bandara Ngurah Rai Antisipasi Erupsi Gunung Agung
HARUS BACA :  Indo Defence 2018: PT Pindad Teken Beberapa MoU Dengan Mitra Strategis

Taiwan patut mewaspadai pesawat tempur J-10C yang memiliki kemampuan hampir sama dengan F-16V dalam hal manuver, selain itu rentang usia yang berbeda dan penambahan perangkat keras baru ke F-16A / B Taiwan dapat mengakibatkan tingkat keausan yang lebih besar pada airframe karena F-16 Taiwan telah beroperasi selama hampir dua puluh tahun.

Pengamat militer Andrei Chang dalam kolomnya di Kanwa Defense Review menyatakan J-10C yang sudah dilengkapi mesin dengan vectoring control bisa memiliki kecepatan, ketinggian dan kelincahan yang lebih baik dari F-16.

HARUS BACA :  Bomber, Kapal Selam Rusia, Buka Jalan Serangan Darat Militer Suriah

Bukan hanya J-10, China juga memiliki J-16 dan 24 unit Su-35 yang membuat Taiwan mungkin harus mencari lebih banyak pesawat tempur canggih dari AS selain hanya mengandalkan F-16 upgrade Vipernya.

Atimes

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Bandara Ngurah Rai Antisipasi Erupsi Gunung Agung

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Singapura Luncurkan Kapal Perang Independence Class ke-5