Amerika Ingatkan Rusia Jangan Keterlaluan Pada Ukraina

Amerika Ingatkan Rusia Jangan Keterlaluan Pada Ukraina
Insiden Laut Asov saat kapal Rusia menyerang kapal Ukraina/mil.in.ua

Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley memperingatkan Rusia bahwa penyitaan tiga kapal Ukraina adalah “pelanggaran keterlaluan terhadap wilayah Ukraina yang berdaulat” dan mendesak Moskow untuk mengurangi ketegangan yang disebabkan oleh tindakan “arogan” mereka.

Haley mengatakan dia telah berbicara dengan Presiden Donald Trump dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan pernyataannya “mencerminkan kekhawatiran di level tertinggi.”

“Sebagaimana Presiden Trump telah katakan berkali-kali sampaikan, Amerika Serikat akan menyambut hubungan normal dengan Rusia. Tapi tindakan penjahat seperti ini terus terjadi membuat itu [pemulihan hubungan] tidak mungkin, ”kata Haley dalam sidang Dewan Keamanan PBB Senin 26 November 2018 sebagaimana dikutip Reuters.

Rusia menyita dua kapal lapis baja kecil dan sebuah kapal tunda Ukraina, yang dikatakan Moskow telah secara ilegal memasuki perairan teritorial Rusia. Kiev mengatakan kapal-kapalnya tidak melakukan kesalahan dan menuduh Rusia melakukan agresi militer.

“Amerika Serikat akan mempertahankan sanksi terkait Crimea terhadap Rusia. Eskalasi lebih lanjut hanya akan memperburuk keadaan. Ini akan semakin melemahkan posisi Rusia di dunia. Ini akan semakin merusak hubungan Rusia dengan Amerika dan banyak negara lain, ”kata Haley.

Duta Besar Ukraina, Volodymyr Yelchenko menyerukan kepada masyarakat internasional “untuk menerapkan serangkaian sanksi baru yang ditujukan untuk mengatasi situasi di kawasan itu, termasuk terhadap pelabuhan Azov Rusia.”

Sementara Wakil Duta Besar Rusia untuk PBB Dmitry Polyanskiy menuduh Ukraina telah merencanakan insiden itu dan memperkirakan hal itu dilakukan karena popularitas Presiden Petro Poroshenko di kalangan pemilih rendah menjelang pemilihan tahun depan.

“Bagaimana dia bisa mempertahankan kekuasaan dalam keadaan seperti ini? Sudah jelas – mengatur provokasi dan sekali lagi menuduh Rusia atas segalanya, meningkatkan peringkatnya sendiri dan menempatkan dirinya sebagai penyelamat bangsa, ”kata Polyanskiy di sidang tersebut. Dia menegaskan bahwa Rusia tidak melakukan pukulan pertama, tetapi melindungi dirinya sendiri.

Yelchenko menolak pernyataan Polyanskiy tentang motif itu. Dia mengatakan kepada dewan bahwa insiden itu adalah “ancaman yang jelas terhadap perdamaian dan keamanan internasional” dan bahwa Rusia mencampurkan kenyataan dengan fiksi dalam mencoba menjelaskan apa yang terjadi.

Kepala urusan politik PBB Rosemary DiCarlo mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB tidak dapat secara independen memverifikasi apa yang telah terjadi.

“Kami sangat mendesak Federasi Rusia dan Ukraina untuk menahan diri dari segala tindakan atau retorika dan mengingatkan kedua kebutuhan untuk menahan insiden ini sehingga mencegah eskalasi serius,” katanya.

Dewan Keamanan beranggotakan 15 negara telah bertemu puluhan kali selama krisis di Ukraina sejak Rusia menganeksasi Crimea pada 2014. Negara itu tidak dapat mengambil tindakan apa pun karena Rusia adalah salah satu dari lima negara yang memiliki hak veto.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *