Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pengiriman S-400, S-300, Su-57. Pesan untuk AS & Israel – Pengamat

Pesawat tempur Su-57 Rusia. (Anna Zvereva via commons.wikimedia.org)

Meskipun Departemen Pertahanan Rusia telah mengklarifikasinya, media Barat masih memeras otak mereka atas misi pesawat jet generasi kelima Su-57 di Suriah. Berbicara kepada Sputnik, pengamat politik asal Suriah menjelaskan bahwa Su-57 buatan Rusia, S-300 dan S-400 merupakan pesan yang telah dikirim ke AS dan Israel di Republik Arab, dirilis Sputniknews.com, 27/11/2018.

Jet siluman generasi kelima Su-57 Rusia sekali lagi menjadi fokus perhatian khusus setelah peluncuran rekaman unik misi pesawat di Suriah dan video baru saluran TV Zvezda yang menampilkan sepasang Sukhoi Su-57 melakukan pendaratan yang disinkronkan.

Sputnik berbincang kepada pengamat politik asal Suriah Ghassan Kadi dan Christopher Assad, meminta mereka untuk berbagi pandangan mereka tentang apa pesan yang ingin disampaikan ke koalisi pimpinan AS di Suriah, dengan pengiriman jet tempur siluman itu

Manuver Su-57 di Suriah

Pada tanggal 1 Maret 2018, Kementerian Pertahanan Rusia (MoD) menegaskan bahwa jet-jet Su-57 telah diuji di Suriah, dengan menyebutkan bahwa misi tersebut telah berlangsung pada Februari 2018. Tercatat bahwa awak Su-57 telah membuat lebih dari 10 sorti di Suriah. Kementerian menguraikan bahwa misi itu “dilakukan untuk membuktikan kemampuan pesawat terbaru dalam lingkungan tempur nyata.”

Pada 19 November, Departemen Pertahanan merilis rekaman manuver Su-57 di Republik Arab Suriah, mendorong diskusi yang hidup di media Amerika.

Joseph Trevithick dari majalah Drive mengangkat pertanyaan tentang tugas-tugas lain yang dilakukan kru Su-57 di Republik Arab selama “perjalanan singkat mereka ke Suriah”.

Menurut Kadi, selain menyelesaikan tugas yang disuarakan oleh MoD, jet bisa pergi ke Suriah “untuk mengejek sistem radar AS di Suriah, dan mereka berhasil menghindari deteksi.”

Dia mengatakan bahwa “ini adalah jenis berita yang AS tidak siap untuk membocorkannya, dan satu lagi bahwa Kementerian Pertahanan Rusia tidak perlu mempublikasikan lebih dari sekedar pengetahuan tentang ‘mitra Amerika’.”

Sementara itu, Christopher Assad, pengamat politik dan penulis asal Suriah yang berbasis di Kanada, mengemukakan bahwa jet-jet siluman itu telah mengirimkan pesan yang kuat kepada Israel sejak awal.

“Saya menganggapnya sebagai pesan ke Israel lebih daripada Amerika Serikat atau salah satu mitra koalisinya,” ia berpendapat, mengacu pada pelatihan dan peluncuran rekaman. “Itu hanya berarti bahwa, bersama dengan penutup S-300 dan S-400 yang diberikan kepada Suriah oleh Rusia, Israel telah secara efektif dikunci dari keinginan dan kemampuannya untuk menyerang Suriah dan Lebanon sesuka hati.”

Dia menduga bahwa “akibatnya, tujuan strategis Israel untuk mempertahankan pendudukan ilegal atas berbagai tanah oleh kekuatan militer kini diragukan dan telah dilakukan pemeriksaan permanen.”

Menurut Assad, “prospek perdamaian permanen dan komprehensif antara Suriah dan Israel telah meningkat secara eksponensial” karena keterlibatan Rusia dalam perang sipil selama tujuh tahun di Republik Arab serta tindakan terkoordinasi antara Moskow, Damaskus dan Teheran.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *