Kapal Induk Ketiga Cina Akan Dilengkapi Teknologi Baru

Type 001A atau CV-17 adalah kapal induk kedua Angkatan Laut China. © GG001213 via Wikimedia Commons

Kantor Berita Xinhua mengatakan melalui akun publik WeChat pada hari Minggu pagi bahwa kapal induk ketiga Cina saat ini sedang dalam pembangunan. Para ahli militer Cina mengatakan bahwa kapal perang itu diperkirakan akan diluncurkan dalam dua setengah tahun.

Berita pembangunan kapal induk jenis baru oleh Cina dilaporkan dalam sebuah cerita untuk menandai ulang tahun keenam dari lepas landas pertama dan pendaratan jet tempur J-15 pada kapal induk pertama Cina, Liaoning .

Itu adalah laporan resmi pertama dari kantor berita nasional.

Seorang ahli angkatan laut dan pensiunan perwira Angkatan Laut PLA, Wang Yunfei, mengatakan kepada Global Times pada hari Senin bahwa laporan itu menunjukkan bahwa konstruksi kini telah dimulai dan pada tahap awal, di mana berbagai bagian kapal induk sedang dibangun di tempat berlabuh.

HARUS BACA :  Kemhan Rusia Ungkap Tentang Serangan di Palmyra

Setelah bagian-bagian dibangun, mereka akan dirakit untuk membentuk seluruh kapal, yang merupakan cara yang efisien untuk membangun kapal besar seperti kapal induk, kata Wang.

Kapal induk baru itu mungkin membutuhkan sekitar dua setengah tahun untuk diluncurkan karena ukurannya yang lebih besar, mencatat bahwa pembangunan Tipe 001A, kapal induk kedua Cina, lebih cepat karena didasarkan pada Liaoning. Kapal induk ketiga menggunakan teknologi yang sangat baru dan tidak memiliki referensi.

HARUS BACA :  India Membeli NASAMS 2 Untuk Lindungi Ibukota – Militer.or.id
HARUS BACA :  Air Force Investigates Gripen Jet Fighter Acccident

Ada spekulasi bahwa pembangunan sedang berlangsung di Galangan Kapal Jiangnan yang berbasis di Shanghai, karena beberapa foto baru-baru ini muncul di media sosial Tiongkok.

Pada Juni lalu, China Shipbuilding Industry Corporation, produsen dua kapal induk Cina sebelumnya, merilis foto yang menampilkan kapal induk ketiga dengan dek datar, yang mengarahkan pengamat militer Cina untuk berspekulasi bahwa itu akan dipasang dengan ketapel elektromagnetik.

Liaoning dan Tipe 001A memiliki dek lompat rak dan tidak menggunakan ketapel.

Seorang ahli angkatan laut yang berbasis di Beijing, Li Jie, mengatakan kepada Global Times pada hari Senin bahwa kata-kata “tipe baru” yang disebutkan dalam laporan Xinhua menunjukkan kapal induk ketiga akan dilengkapi dengan sistem katapel.

HARUS BACA :  Dua KRI Koarmada II Ikuti Photoex Rimpac 2018

Seluruh pengaturan di dek penerbangan serta suprastruktur akan sangat berbeda juga, kata Li.

Kapal induk ketiga akan secara signifikan meningkatkan kemampuan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat, kata para ahli.

Kementerian Pertahanan Nasional belum mengkonfirmasi pembangunan kapal induk ketiga. Namun, juru bicara kementerian mengatakan dalam konferensi pers rutin pada bulan Mei dan Juni bahwa Cina akan menempatkan situasi keseluruhan negara menjadi pertimbangan terkait rencana masa depan kapal induk Cina.

HARUS BACA :  PT Pindad Kejar Peluang Ekspor Tank Harimau

Sumber: en.people.cn

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here