Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Amerika Alami Banyak Kecelakaan Nuklir Saat Perang Dingin, Berikut Daftarnya

Karena jumlah senjata nuklir di gudang senjata Amerika tumbuh dengan cepat selama tahun-tahun awal Perang Dingin, begitu juga jumlah kecelakaan yang melibatkan nuklir.

Berikut sejumlah kecelakaan yang melibatkan senjata nuklir Amerika Serikat

10 Maret 1956

Pesawat B-47 yang membawa dua kapsul nuklir tidak berhasil bertemu dengan tanker pengisian bahan bakar di atas Laut Tengah. Pesawat itu tidak pernah ditemukan demikian juga dengan kapsul atomnya. Senjata nuklir awal memiliki kapsul yang bisa dilepas yang berisi bahan fisil nuklir. Itu adalah kebijakan Angkatan Udara Amerika sebagai tindakan keamanan jika tidak ada darurat perang atau krisis.

27 Juli 1956

Saat melakukan pendaratan di Lakenheath Royal Air Force Station di Inggris, B-47 lepas kendali dan meluncur dari landasan pacu ke bangunan yang berisi tiga bom nuklir. Tidak ada yang meledak tetapi semua harus dikirim kembali ke Amerika Serikat untuk perbaikan.

22 Mei 1957

Awak pesawat B-36 memindahkan bom hidrogen Mk-17 ke Pangkalan Angkatan Udara Kirkland di New Mexico, secara tidak sengaja melepaskan bom saat melakukan pendekatan terakhir. Perangkat jatuh melalui pintu teluk bom yang tertutup dan meledak saat menyentuh tanah, menyebabkan kawah sedalam 12 kaki dan diameter 25 kaki. Sejumlah kontaminasi terdeteksi di kawah.

31 Januari 1958

Kegagalan mekanis menyebabkan B-47 jatuh saat take-off. Sebuah tangki bahan bakar pecah, menyebabkan kebakaran besar. Pesawat itu membawa bom siap tempur tetapi tidak meledak saat kebakaran. Kontaminasi kemudian terdeteksi pada truk pemadam kebakaran dan satu pakaian pemadam kebakaran.

5 Februari 1958

Sebuah jet tempur F-86 bertabrakan dengan B-47 yang membawa nuklir selama misi pelatihan dekat Pangkalan Angkatan Udara Hunter di Georgia. Para kru mencoba mendarat tiga kali. Setelah upaya ketiga,  pesawat memutuskan untuk membuang bom di pantai dekat Tybee Beach. Pesawat mendarat dengan selamat sesudahnya. Casing bom sampai sekarang tidak pernah ditemukan.

24 Januari 1961

Sebuah B-52  mengalami kegagalan sayap di atas Goldsboro, North Carolina. Ketika pesawat itu pecah, dua bom nuklirnya jatuh. Satu mendarat dengan lembut melalui parasut sementara yang lainnya menghantam tanah pertanian. Potongan-potongan itu jatuh ke tanah dan harus dilakukan penggalian untuk mencarinya.

Meskipun para pekerja menggali ke bawah 50 kaki, satu bagian tidak pernah ditemukan. Pemerintah membeli sebuah easement untuk properti yang membutuhkan izin sebelum ada yang bisa menggali di sana.

5 Desember 1965

Ketika kapal induk USS Ticonderoga berlayar dari Vietnam ke Jepang, pesawat A-4 Skyhawk yang dipersenjatai dengan bom hidrogen B-43 meluncur dari salah satu lift pengangkut dan jatuh ke lautan. Bom, pesawat dan pilot semuanya hilang di kedalapam lebih dari 16.000 kaki air dan tidak pernah bisa diangkat. Ketika pemerintah akhirnya mengakui insiden itu pada tahun 1989, menyebabkan insiden diplomatik dengan Jepang karena bom itu berada sekitar 60 mil di lepas pantai Okinawa.

17 Januari 1966

Ini mungkin kecelakaan senjata nuklir paling terkenal. Sebuah B-52 bertabrakan dengan tanker KC-135 di Palomares, Spanyol.  Pesawat itu membawa empat bom B-28. Dua mengalami ledakan dari bahan peledak konvensional mereka  dan menghamburkan bahan radioaktif di area yang luas dan membutuhkan operasi pembersihan besar.

Yang ketiga terjun dengan aman ke tanah sementara yang terakhir mendarat di Mediterania. Pencarian besar-besaran yang melibatkan kapal selam cebol akhirnya menemukan bom terakhir pada 7 April 1966. Bom yang mendarat secara utuh sekarang dipajang di National Atomic Museum di Albuquerque, New Mexico.

21 Januari 1968

Sebuah B-52 jatuh tujuh mil dari landasan di Thule, Greenland. Keempat bomnya hancur dalam kebakaran dan bahan radioaktif  tersebar di area yang luas yang membutuhkan pembersihan mahal. Setelah kecelakaan itu, Menteri Pertahanan McNamara memutuskan bahwa pesawat Amerika tidak akan lagi lepas landas dengan senjata nuklir nyata kecuali selama krisis.

19 September 1980

Titan II ICBM meledak di silonya, membunuh seorang pilot dan melukai 21 lainnya. Hulu ledak itu dilempar sejauh 200 yard ke lapangan terdekat.

 

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *