Aset Sangat Berharga, Rumania Batal Terbangkan F-16 Karena Salju


F-16 Angkatan Udara Rumania (foto : Common Wikipedia)

Ada yang unik pada hari Parade Nasional Militer Rumania pada 1 Desember kemarin, yakni tidak adanya pertunjukan udara pesawat tempur F-16 kebanggaan Rumania.

Pesawat F-16 sebenarnya sudah disiapkan dan diperiksa dengan sangat hati- hati dan teliti oleh teknisi. Para pilot beberapa waktu sebelumnya juga sudah berlatih dan melakukan manuver-manuver yang akan dipertontonkan saat Parade Nasional, bahkan melakukan latihan terakhir dengan sukses.

Tapi kabar buruk akhirnya datang, petugas keselamatan bandara melarang penerbangan F-16 karena landasan yang tertutup es salju.

HARUS BACA :  Tradisi Penerimaan Danyonif Para Raider 305 dan 330 Kostrad

Salju tersebut sangat kuat melekat di aspal landasan, ada beberapa bagian salju yang tidak bisa dipecahkan meski sudah dilakukan pembersihan.

Badan meteorologi setempat bahkan memprakirakan baru 11 jam kemudian lapisan es bisa mencair oleh sinar matahari. Fenomena salju sangat langka turun di awal bulan Desember di Rumania.

Komandan skuadron akhirnya harus membuat keputusan pahit, meski ingin terbang dan memeriahkan hari parade Nasional, tapi F-16 adalah aset yang sangat mahal dan berharga bagi Rumania. Sangat langka karena hanya 12 yang dimiliki Rumania, selain itu sangat sulit dan lama untuk bisa membeli dan mendatangkan dari AS. Akhirnya F-16 batal diterbangkan di Parade Nasional Rumania.

HARUS BACA :  Koarmatim Peringati Hari Jadi ke-72 TNI AL
HARUS BACA :  Korea Pursuing KFX Technology Through Future Offset Deals

Lapisan es di landasan sangat berbahaya, selain itu serpihan es bisa masuk ke dalam intake udara dan merusakkan kompresor mesin f-16. Kerusakan mesin bisa menimbulkan resiko yang sangat tinggi bagi aset berharga Angkatan Udara Rumania.

Meski semua menyesalinya, tapi Rumania tidak bisa mengambil resiko kehilangan F-16 karena kecelakaan yang mungkin bisa terjadi.

Hanya berjumlah 12 unit, F-16 sangat mahal dan berharga, dan Rumania harus merawat F-16 dengan tanggung jawab besar.

HARUS BACA :  Pentagon Setuju Jual 300 Rudal Helfire ke Kuwait

Antena 3

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  NATO Berencana Pamer Kekuatan Lebih Besar