Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

F-35 Secara Resmi Memulai Pengujian Operasional

USAF

Kementerian Pertahanan Amerika Serikat mengatakan akan memulai pengujian ketiga varian jet tempur F-35 Lightning II dalam kondisi pertempuran untuk mengevaluasi efektivitas operasional dan kesesuaian sistem persenjataan mereka.

Pentagon dalam pernyataanya Kamis 7 Desember 2018 mengatakan pengujian ini diharapkan akan selesai pada akhir musim panas 2019 dan data akan digunakan oleh pemerintah Amerika untuk memberi dasar keputusan “Milestone C”, yang mengarah ke  produksi skala penuh pada akhir tahun depan.

Semua tes akan dilakukan di area uji dan instalasi Militer Amerika. “Awal pengujian operasional formal adalah tonggak yang lebih dari 18 tahun dalam pembuatannya,” kata kepala program F-35, Vice Adm, Mat Winter sebagaimana dikutip Reuters.

F-35, yang dibuat oleh Lockheed Martin Corp, telah mengundang banyak kritik karena dinilai terlalu mahal serta penundaan yang berlarut-larut. Jet tempur ini terdiri dari tiga varian yakni F-35A yang merupakan jet tempur konvensional, F-35B yang bisa lepas landas pendek dan mendarat darurat serta F-35C yang memiliki kemampuan beroperasi dari dek kapal induk.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *