Dilema Jepang Menamai Kapal Induk Barunya – Militer.or.id

ilustrasi JS KAGA Izumo class. (credit: Japan MoD)

Pemerintah Jepang dan partai yang berkuasa telah memutuskan bahwa perusak helikopter kelas Izumo yang sedang diubah menjadi kapal induk akan diberi nama “multi-purpose operation destroyer.” Meskipun nomenklatur terkesan kreatif, namun kapal akan tetap untuk semua maksud dan tujuan kapal induk.

Dalam pertemuan pada 5 Desember, anggota Partai Demokrat Liberal (LDP) dan partai Komeito yang sedang merevisi Pedoman Program Pertahanan Nasional sepakat untuk menyebut perusak yang telah dikonversi sebagai “multi-purpose operation destroyer”,” Asahi Shimbun Jepang melaporkan pada Desember.

Panduan Program Pertahanan Nasional menguraikan kebijakan pertahanan nasional Jepang, dan versi yang direvisi mungkin akan diadopsi oleh kabinet Jepang dipertengahan bulan ini. Pemerintah Jepang diharapkan menggunakan revisi pedoman pertahanan ini untuk secara resmi mengumumkan operasi kapal induk.

Awalnya, LDP dianggap menggunakan istilah “kapal induk defensif” karena prinsip Jepang “pertahanan berorientasi pertahanan eksklusif,” yang membatasi tindakan militer ke minimum yang diperlukan untuk mempertahankan diri dari serangan, pemerintah Jepang mempertahankan posisi bahwa tidak akan mendapatkan kapal induk yang berorientasi serangan. Tapi Komeito, mitra koalisi junior LDP, menentang proposal ini dengan alasan bahwa frase “kapal induk” tidak boleh digunakan.

Pada bulan Mei, LDP datang dengan istilah “kapal induk operasi multi-tujuan.” Tapi Komeito menolak ide ini juga, karena kata Jepang untuk kapal induk (bokan) mengingatkan pada kata untuk kapal induk (kubo).

“Pandangan bersama kelompok kerja adalah bahwa kapal akan multi-tujuan dan mampu operasi yang berbeda sementara tetap di bawah lingkup perusak,” kata Itsunori Onodera, mantan menteri pertahananyang bertanggung jawab atas kelompok kerja merevisi pedoman pertahanan .

Tapi hanya mengubah nama tidak mungkin untuk meredakan kekhawatiran bahwa retrofitting perusak sebagai kapal induk bisa membuat prinsip “pertahanan berorientasi pertahanan” yang tidak bermakna.

Dalam sebuah cerita yang terkait, LDP telah melepaskan gagasan mengajukan amandemen konstitusi ke Diet tahun ini yang akan menambahkan referensi eksplisit terhadap keberadaan Pasukan Bela Diri Jepang. LDP telah merencanakan untuk mengajukan amandemen konstitusi kepada komite peninjauan konstitusional Dewan Kehakiman sebelum tahun berakhir, tetapi partai-partai oposisi yang frustrasi dengan dorongan unilateral untuk mengamandemen konstitusi telah menghalangi langkah itu dengan memboikot komite. Pengajuan amandemen konstitusi kemungkinan akan ditunda hingga tahun depan.

Sumber: Hani.co.kr

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *