China Uji Coba “Ibu Dari Semua Bom”

0
229

China Uji Coba “Ibu Dari Semua Bom”, MILITER.OR.ID, Beijing – Dilaporkan bahwa China sudah menguji coba senjata Non-Nuklirnya yang paling dahsyat. Senjata ini dijuluki “Ibu dari semua bom” oleh media resmi dalam referensi pada amunisi Amerika Serikat, tepatnya ialah yang digunakan di Afghanistan.

Bom konvensional yang mempunyai klaim paling kuat di arsenalnya, juga dijatuhkan AS pada tahun 2017 oleh AS dengan julukan “Ibu Dari Semua Bom”. Langkah ini dilakukan guna upaya untuk menghancurkan jaringan terowongan yang dipakai oleh pihak kelompok ISIS di timur Afghanistan. Diketahui pada sebuah video pendek yang diterbitkan oleh produsen senjata milik negara, Norinco, bom raksasa terseut jatuh ke daratan dan menghasilkan bola api raksasa serta asap hitam.

HARUS BACA :  Saat MiG-21SM Soviet Jatuhkan F-4 Phantom Iran

Diungkap Kantor berita resmi China, Xinhua menggambarkan bom tersebut untuk pertama kalinya, menyebut versi China dari “Ibu Dari Semua Bom”. Bom itu, mempunyai kekuatan hanya dibawah senjata nuklir, dijatuhkan oleh pesawat pembom H-6K China.

Tapi, menurut dari lansiran Channel News Asia pada Jumat (4/1/2019), tidak ada rincian tentang tanggal, lokasi, ataupun jangkauan dari ledakan bom. Khusunya yang disediakan oleh pihak Xinhua ataupun Norinco.

HARUS BACA :  US Army Pamerkan Pesawat Drone Hasil Cetakan 3 Dimensi

Pengamat militer China, Wei Dongxu mengatakan ukuran “Ibu Dari Semua Bom” versi Beijing sekitar 5 hingga 6 meter, namun beratnya lebih kecil dari versi Amerika. “Ledakan besar yang dihasilkan akan dengan mudah menghancurkan sebuah benteng,” tuturnya. Demikian rangkuman berita militer.or.id dari berbagai media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here