AS Ciptakan Replika Jet Tempur China Untuk Latihan, MILITER.OR.ID, WASHINGTON – Dikabarkan bahwa Amerika Serikan telah menciptakan sebuah replika pesawat tempur China dengan ukuran asli dan sama persis, pesawat ini disebut-sebut untuk keperluan latihan militer AS.

Awalnya tiruan jet tempur Chegdu J-20 Mighty Dragon milik Angkatan Udara China dilaporkan terlihat di sebuah fasilitas militer di Bndara Savanah-Hilton, Georgia, yang merupakan markas pusat kekuatan udara AS, Air Dominance Center (ADC). Foto tiruan J-20 dirilis oleh situs TheAviatonist.com, tanggal 7 Desember tahun lalu, dan sejumlah pihak menuduh bahwa foto tersebut adalah rekayasa. Namun Komandan ADC, Kolonel Emmanuel Haldopoulos membenarkan akan kebenaran kabar tersebut.

“Pesawat tiruan itu adalah replika skala penuh dan berada di Air Dominance Center untuk jangka waktu yang singkat dari 4-6 Desember,” dikutip dari pernyataan pada situs tersebut.

“Korps Marinir AS melakukan pendanaan dan mengarahkan tujuan pelatihan dari perangkat ini. Replika akan digunakan unutk pelatihan darat,” keterangan tambahan.

Pernyataan dari TECOM (Komando Pendidikan dan Pelatihan Korps Marinir) menyebut bahwa replika jet tempur J-20 telah digunakan dalam sejumlah eksperimen dan pelatihan militer selama berada di pangkalan Savanah.

“”(Replika) itu dibawa ke ADC Savanah, Georgia untuk menjalani evaluasi proses perakitan dan pembongkaran, pendanda tekanan, dan persiapan untuk dibawa ke area pelatihan di North Carolina,” isi pernyataan tersebut.

Pesawat tiruan J-20 tersebut belum dirancang untuk misi latihan terbang maupun pertempuran udara. Meski Militer AS diyakini bukan pertama kali membuat replika (untuk pesawat dan kendaraan milik negara lain), namun jarang terjadi foto-fotonya tersebar luas. Demikian militer.or.id rangkum dari berbagai sumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here