AS Peringatkan Israel Terkait Serangan Balasan Iran

AS Peringatkan Israel Terkait Serangan Balasan Iran

AS Peringatkan Israel Terkait Serangan Balasan Iran, militer.or.id – Diungkap Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS), Dan Coats. Beliau memperingatkan Israel terkait kemungkinan adanya serangan balasan dari Iran, apabila Tel Aviv terus melakukan serangan udara di Suriah. Coats yang juga berbicara di depan Komite Intelijen Senat AS, dia mengatakan bahwa Iran tampaknya berusaha menghindari konflik langsung dengan Israel. Namun jika Israel masih terus melakukan serangan terhadap basis Iran di Suriah, maka Teheran pada satu titik akan melakukan serangan balasan.

“Kami menilai bahwa Iran berupaya menghindari konflik bersenjata besar dengan Israel. Namun, serangan Israel yang mengakibatkan korban dari sisi Iran meningkatkan kemungkinan pembalasan konvensional Iran terhadap Israel,” kata Coats, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (30/1/2019).

Dia juga menambahkan, upaya yang dilakukan Teheran untuk memperluas pengaruhnya di Suriah, termasuk pula berbagai upaya menciptakan pangkalan militer permanen yang menjadi alasan Israel melancarkan serangan ke Suriah.

“Iran terus berusaha mendapatkan pangkalan militer permanen dan kesepakatan ekonomi di Suriah dan mungkin ingin mempertahankan jaringan pejuang asing Syiah di sana, meskipun serangan Israel terhadap posisi Iran di Suriah,” imbuhnya.

“Upaya Iran untuk mengkonsolidasikan pengaruhnya di Suriah dan pasukan Hizbullah telah mempromosikan serangan udara Israel pada Januari 2019 terhadap posisi Iran di Suriah dan menggarisbawahi kekhawatiran kami yang semakin besar tentang lintasan lama pengaruh Iran di wilayah tersebut dan risiko konflik akan meningkat,” tambahnya.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *