Perang di Mulai? India Klaim Jatuhkan 1 F-16, Pakistan Klaim Jatuhkan 2 Pesawat dan Menahan 1 Pilot di Khasmir

9
627

Twitter resmi juru bicara militer Pakistan memberitakan bahwa Angkatan Udara Pakistan telah menembak jatuh 2 pesawat milik India dalam eskalasi besar di konflik Khasmir.

Juru bicara tersebut memberitahukan bahwa dua pesawat tempur India telah ditembak jatuh oleh pesawat tempur Pakistan dan salah satunya jatuh di wilayah yang dikontrol Pakistan, sedang yang lain jatuh di wilayah yang dikontrol India.

Media India dilain pihak juga memberitahukan bahwa sebuah F-16 milik Pakistan telah ditembak jatuh setelah melintasi garis batas.

HARUS BACA :  NH90 Flying Limitations Eased

Konflik Khasmir kembali memanas setelah sebuah grup militan melakukan serangan bunuh diri yang membunuh sekitar 40-an personel polisi India di Khasmir beberapa waktu lalu.

Sebagai balasannya, kemarin 12 Mirage 2000 Angkatan Udara India melakukan serangan lintas batas ke 3 lokasi terpisah didalam wilayah Pakistan yang diyakini sebagai markas grup militan tersebut.

Hari ini Pakistan pun membalas serangan India dengan menyerang masuk ke target non-militer diwilayah India.

HARUS BACA :  Vietnam Surface Ship can be Equipped with Yakhont or Kalibr Anti-Ship Missile

Dilaporkan media Pakistan, sebuah Mirage-2000H Angkatan Udara telah jatuh dan salah satu pilotnya telah ditahan oleh otoritas Pakistan. Dilain pihak, media India juga melaporkan adanya sebuah helikopter Mil Mi-17 yang jatuh 100-an kilometer dari perbatasan dan mengakibatkan 2 awaknya meninggal dunia. Belum diketahui apakah kecelakaan ini ada hubungannya dengan serangan Angkatan Udara Pakistan.

Baik India dan Pakistan telah menunda dan membatalkan seluruh penerbangan sipil dan komersial yang melintasi wilayah tersebut. Pesawat terbang sipil yang sudah terlanjur terbang diperintahkan kembali ke bandara asal maupun divert ke bandara alternatif.

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here