Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Kapal Angkatan Laut AS Melintas Di Selat Taiwan

Kapal Angkatan Laut AS Melintas Di Selat Taiwan

MILITER.OR.ID, WASHINGTON – Kapal Angkatan Laut AS Melintas Di Selat Taiwan. Terdapat laporan bahwa Angkatan Laut Amerika mengirim sebuah kapal perusak USS Stethem dan kapal barang USNS Cesar Chavez untuk melintas di Laut China Selatan menuju Laut China Timur melalui Selat Taiwan pada Minggu (24/2/2019). Dalam hal ini militer AS menyebutnya dengan “pelayaran rutin”, namun operasi ini sudah membuat China berang.

“Pelayaran rutin melalui perairan internasional Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika pada Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” menurut sebuah pernyataan.

Sedangkan Departemen Pertahanan AS akan terus terbang, berlayar, serta melakukan operasi dimana saja sesuai dengan yang diperbolehkan oleh hukum Internasional.

Dilain sisi, Beijing menilai bahwa kapal yang melintas di Selat Taiwan pada dasarnya sudah melanggar kedaulatannya. Namun Amerika dan banyak negara lain memandang bahwa selat tersebut sebagai perairan Internasional yang terbuka bagi siapa saja.

Dalam hal ini China yang masih mengakui Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan masih harus disatukan, Meski sudah diketahui bahwa keduanya mempunyai pemerintahan sendiri-sendiri sejak perang saudara di China daratan pada tahun 1949.

Walau mempunyai sistem pemerintahan sendiri, mata uang, dan bendera negara sendiri, dalam hal ini PBB masih tidak mengakui bahwa Taiwan sebagai negara yang merdeka. Oleh karena itu China masih bersikukuh untuk untuk menyatukan pulau kecil tersebut.

Demikian Laporan Berita Internasinal yang bisa militer.or.id sampaikan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *