Kapal Patroli Kecil AL Inggris Melakukan Pengusiran Terhadap Korvet Spanyol di Gibraltar

Kapal Patroli Kecil AL Inggris Melakukan Pengusiran Terhadap Korvet Spanyol di Gibraltar – Militer.or.id. Sebuah kapal patroli kecil milik Angkatan Laut Inggris, HMS Sabre P285 melakukan pengusiran sebuah korvet milik Spanyol setelah kapal perang milik Spanyol tersebut masuk ke perairan Gibraltar kemarin.

Korvet milik Angkatan Laut Spanyol SPS Infanta Cristina (P-77) diketahui memasuki wilayah perairan teritorial Gibraltar pada hari Minggu yang lalu. Gribraltar merupakan wilayah Inggris yang terletak di selatan Spanyol.

Korvet Spanyol SPS Infanta Cristina yang diusir
Korvet Spanyol SPS Infanta Cristina yang diusir

Dari foto yang diambil dari pantai, terlihat bahwa kapal patroli kecil milik Angkatan Laut Inggris melakukan pencegatan terhadap korvet Angkatan Laut Spanyol SPS Infanta Cristina yang ukurannya jauh lebih besar dari kapal Inggris tersebut.

HARUS BACA :  UkrOboronProm Announces Delivery Plan for Next Batch of Oplot Tanks to Thailand

Kapal patroli HMS Sabre merupakan salah satu dari 2 kapal patroli Inggris yang bertugas mempertahankan perairan teritorial Gribraltar. Bersama dengan kapal serupa yang bernama HMS Scimitar, kapal berkecepatan 32 knot ini tergabung dalam Skuadron Gibraltar Angkatan Laut Inggris. Selain kedua kapal patroli ini, Skuadron Gibraltar Angkatan Laut Inggris juga dilengkapi dengan 3 unit RHIB.

Secara ukuran dan firepower, korvet SPS Infanta Cristina jauh lebih besar dari pada HMS Sabre. Namun, tetap saja HMS Sabre melakukan pengusiran terhadap korver Spanyol tersebut hingga korvet Spanyol tersebut keluar dari perairan Gibraltar.

HARUS BACA :  RSAF's New Drone Heron 1 Now Combat-Ready
HARUS BACA :  Kemampuan Satuan Yonbekang-4/Air TNI AD

Pengusirnya, HMS Sabre yang berukuran jauh lebih kecil
Pengusirnya, HMS Sabre yang berukuran jauh lebih kecil

Korvet SPS infanta Christina merupakan kapal perang dari kelas Descubierta. Kapal ini dibangun pada tahun 1980. Kapal ini mempunyai panjang 88.8 meter dan berat 1510 ton. Ditenagai oleh 4 mesin diesel MTU 16000HP membuatnya mempunyai kecepatan maksimal 25 Knot. Kapal ini diawaki oleh 118 personel dan dipersenjatai dengan 4 buah rudal Harpoon, sebuah meriam OTO-melara 76mm, sebuah meriam OTO-Melara 20mm  dan 2 buah senapan mesin 12.7mm.

HARUS BACA :  Australia to Speed Up Frigate Competition

Kapal HMS Sabre merupakan kapal patroli dari kelas Scimitar. Kapal ini dibangun pada tahun 2003. Kapal ini mempunyai panjang 16 meter dan berat 24 ton. Ditenagai oleh 2 mesin diesel MAN membuatnya mempunyai kecepatan maksimal 32 Knot. Kapal ini diawaki oleh 5 personel dan dipersenjatai dengan 2 buah senapan mesin GPMG.

Kapal Patroli Kecil AL Inggris Melakukan Pengusiran Terhadap Korvet Spanyol di Gibraltar
Kapal Patroli Kecil AL Inggris Melakukan Pengusiran Terhadap Korvet Spanyol di Gibraltar

Spanyol dan Inggris, walaupun sama sama anggota NATO, mempunyai masalah dalam hal kepemilikan Gibraltar. Inggris yang sudah menguasai Gibraltar sejak 1713, mendapat tantangan dari Spanyol yang menganggap Gibraltar adalah wilayah teritorinya.

 

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.5k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Thailand Interested in Buying Armored Cars, Rifles

5 Comments

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here