Teknologi Gripen 100% Buatan Swedia, Mitos Atau Fakta?

Dengan tubuh baru yang lebih besar tersebut, Gripen E/F mempunyai MTOW sekitar 16.5 ton, bandingkan dengan pendahulunya yang hanya 14 ton saja. Karena ukuran tubuhnya membengkak, Gripen baru juga memiliki kapasitas bahan bakar yang 40% lebih banyak dari Gripen C/D. Hal ini membuatnya memiliki jarak jangkau lebih jauh lagi.

Teknologi Gripen 100% Buatan Swedia, Mitos Atau Fakta?
Teknologi Gripen 100% Buatan Swedia, Mitos Atau Fakta?

Untuk mesinnya, kembali pilihan jatuh ke mesin buatan Amerika yang menjadi tenaga dari F/A-18E/F, GE F414. Dengan mesin ini, Gripen dengan konfigurasi senjata minimal bisa melakukan supercruise, terbang di kecepatan Mach 1.2 tanpa menyalakan afterburner.

HARUS BACA :  Thai's T-50TH will be Equipped with ELTA Radars
HARUS BACA :  Triumph Awarded Contract with KAI for KF-X Airframe Mounted Accessory Drive

Gripen E/F saat ini memang produk utama yang dipasarkan oleh SAAB ke pasar pasar potensial yang tersedia. Namun menurut SAAB, mereka juga bisa saja menjual Gripen versi C/D dengan modifikasi kemampuan avionik yang setara dengan versi E/F. Hal ini bisa dilakukan karena SAAB masih punya airframe Gripen lawas di inventorinya.

Jadi SAAB, Gripen mana yang ditawarkan untuk TNI AU? Gripen E/F Next Generation atau Gripen C/D lawas on steroid?

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

2 Comments

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here